Tips Mengatasi & Menghadapi Kerusuhan seperti di Wamena

Wamena, Kabupaten Jawa Wijaya, Papua beberapa waktu lalu mengalami kerusuhan yang melumpuhkan banyak hal. Aktivitas ekonomi, pertokoan, dan aktivitas pada umumnya lumpuh di Wamena.

Beruntung hari ini, Sabtu (28/9/2019) kondisi Wamena sudah lebih aman. Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya sudah mengonfirmasi hal itu.

“Kondisi Wamena aman. Sudah pulih aktivitas ekonomi, pertokoan sudah buka. Patroli (aparat keamanan) normal,” kata Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya saat dihubungi, Sabtu (28/9/2019) dilansir dari detik.com.

Tetapi bagaimana jika kerusuhan semacam itu terjadi di lingkungan tempat kita tinggal? Apa yang bisa kita lakukan supaya kehidupan kita bisa tetap aman? Elipsir telah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita bisa menghadapi kerusuhan layaknya di Wamena, Papua.

  1. Peka Terhadap Lingkungan

Kunci yang paling penting untuk dipegang adalah kepekaan terhadap lingkungan. Ada pentingnya juga kita mengetahui seluk beluk daerah tersebut. Hal itu bisa dijadikan tempat berlindung sementara yang aman apabila terjadi kerusuhan. Apabila daerah yang kita tempati masih cukup awam untuk diri kita, ada baiknya kita selalu memiliki akses internet guna membuka aplikasi peta secara online.

Pastikan juga diri kalian mengikuti perkembangan terbaru yang sedang terjadi di daerah tersebut. Jangan sampai kita ketinggalan informasi sehingga rencana apapun yang dibuat dapat sesuai dan tidak meleset dari yang direncanakan.

  1. Pastikan Diri Kalian Tidak Memihak

Rombongan massa yang sedang melakukan demo atau menciptakan sebuah kerusuhan sangat sensitif terhadap semua hal yang berasal dari kubu lawan mereka. Maka pastikan diri kalian tidak memihak pada satu kubu pun. Kenetralan itu dapat membantu pada saat berhadapan dengan massa yang hendak membuat keributan.

Penting pula untuk membuat diri kita tidak berpenampilan seperti demonstran. Pihak kepolisian yang sedang bertugas mengamankan jalannya kerusuhan memiliki insting yang sangat kuat untuk melihat kejadian yang tidak diinginkan. Jangan sampai kita menjadi sasaran salah tangkap mereka.

Eden Pemalang

D.O.P / Travel Filmmaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *