Penyebab Hujan Lebat (sumber: BMKG)

Tempat Kamu Hujan Sampai Banjir? Ternyata Ada Hal Menegangkan Ini!

Jakarta – Beberapa daerah di Wilayah Pulau Jawa akhir-akhir ini diguuyur hujan yang terus menerus. Tak heran ada banyak daerah yang kebanjiran. Ternyata ada hal yang melatarbelakangi hal itu.

Penyebabnya adalah Badai yang terjadi di Samudera Hindia dan Australia.

Badai tersebut terjadi di sebelah selatan wilayah Indonesia. Kedua badai tersebut adalah Siklon Tropis Ferdinand dan Siklon Tropis Esther.

Saat ini, kedua badai tersebut telah condong bergerak ke arah barat.

Dikutip tim Elipsir Media dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Selasa (25/2/2020), Siklon Tropis Esther terpantau berada di Teluk Carpentaria.

Teluk Carpentaria terletak di 930 KM selatan barat daya Merauke Indonesia. Siklon Tropis Esther ini diketahui bergerak menjauhi Indonesia.

Sedangkan Siklon Tropis Ferdinand terpantau berada di Samudera Hindia, sebelah selatan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Siklon tersebut terletak sekitar 590 KM sebelah selatan Bima. Siklon ini juga menjauhi Indonesia.

Siklon Tropis Esther diperkirakan akan menurun dalam 24 jam kedepan. Tetapi Siklon Tropis Ferdinand justru akan meningkat dalam kurun waktu 24 jam.

Dampak dari kedua hal itu adalah hujan deras di kawasan Indonesia bagian selatan. Maka jika kamu tinggal di wilayah Bali, Jawa, NTB, NTT, dan Maluku, siap-siap untuk selalu membawa jas hujan ketika bepergian dengan motor.

“Siklon Tropis Esther dan Ferdinand memengaruhi pola cuaca di wilayah Indonesia yang dapat meningkatkan pembentukan pertumbuhan awan hujan, sehingga berpotensi hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa, Bali, NTB, dan NTT,” kata Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto Djatmiko kepada wartawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kelanjutan Susur Sungai Tragis SMP N 3 Turi, Polisi: Ada 2 Tersangka Baru!

Polisi Ringkus Empat Perampok di Tegal! Dua Ditembak Ditempat!