Suhu Panas BMKG
Ilustrasi Suhu Panas (sumber: kompas.com)

Soal Suhu Panas Yang Membakar Bumi, BMKG: Ini Normal!

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa suhu di wilayah Pantura Jawa akan mencapai panas optimal pada bulan Oktober 2019 ini. Suhu panas yang menerpa Bumi menurut perkiraan BMKG akan mencapai 34,6 Derajat Celcius, dan dapat terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

BMKG kota Tegal melalui Forecaster atau Prakirawannya, Ida Sartika SST, BMKG Kota Tegal menambahkan bahwa panas yang diterima pada bulan Oktober ini akan menjadi lebih panas dari bulan-bulan lainnya.

“Panas yang diberikan matahari ke wilayah pulau Jawa memang rasanya paling optimal di bulan-bulan (Oktober) ini. Ditambah lagi masih pada musim kemarau jadi panas yang diterima rasanya lebih panas dari bulan-bulan lain,” kata Ida Sartika dilansir dari detik.com.

Terkait hawa dan udara panas yang dihasilkan pada bulan Oktober ini, Lembaga yang mengurusi soal iklim dan cuaca Kota Tegal itu kemudian menambahkan bahwa hal itu disebabkan oleh musim kemarau yang jatuh pada bulan Oktober ini. Disamping itu, posisi matahari yang persis di atas pulau Jawa memberikan rasa panas yang luar biasa pada manusia.

“Untuk Tegal dan sekitarnya, suhu paling tinggi 34,6 derajat celcius. Ditambah lagi pengaruh kemarau dan matahari persis di atas pulau Jawa sehingga terasa lebih panas dibanding bulan lain,” imbuhnya.

Kendati diterpa udara yang sangat-sangat panas untuk wilayah Pantura dan sekitarnya, Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kota Tegal tetap menegaskan bahwa hawa panas yang dirasakan ini bukanlah masa yang disebut cuaca ekstrem.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
darije kalezic pelatih psm makasar

Libas Madura United, Darije Bicarakan Faktor Kemenangan Timnya!!

presiden fifa

Detik-Detik Terpilihnya Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia u20 2021