Nadiem Makarim Busana
Nadiem Makarim di Pelantikan Rektor (sumber: detik.com)

Soal Pakaian Kritikan Pakaian Nadiem, Komisi X: Jangan Dinilai Dari Luar!

Nadiem Makarim sempat mendapatkan kritikan karena dirinya dinilai mengenakan pakaian yang terlalu santai saat menghadiri acara pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI). Terkait apa yang menimpa Nadiem ini, Komisi X memberikan komentarnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian mengatakan terkait pakaian pejabat memang sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah.

Aturan itu dituangkan di Peraturan Presiden No. 71 tahun 2018. Wakil Ketua Komisi X DPR itu juga mengatakan bahwa kritikan seperti ini dapat menjadi masukan untuk Nadiem Makarim.

Tetapi Hetifah tidak setuju apabila seseorang dinilai hanya karena pakaian yang dikenakan saja. Menurutnya, ketimbang berfokus pada pakaian, Nadiem lebih baik bekerja untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Jika ada yang bermaksud mengingatkan beliau tentang dress code yang dianggap pantas di suatu acara formal saya kira bagus-bagus saja, biarkan Mas Nadiem jadikan ini sebagai masukan. Namun kita tidak perlu men-judge atau mendiskreditkan seseorang hanya dari outfit-nya di satu peristiwa,” ucap Hetifah dilansir dari detikcom.

Nadiem Makarim Dikritik

Telah diberitakan sebelumnya bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sempat mendapat kritik karena dinilai berpakaian terlalu santai pada saat menghadiri pelantikan Rektor Universitas Indonesia.

Terkait hal ini, Komisi X DPR yang diwakili oleh Wakil Ketuanya, Hetifah Sjaifudian mengatakan bahwa sebenarnya hal itu tidak perlu dibesar-besarkan.

Hetifah kemudian menjelaskan bahwa norma kepantasan berpakaian dapat selalu berubah setiap saat seiring berkembangnya zaman dan tren.

BACA juga :  Lirik Lagu Dory Harsa - Ojo Nesu Nesu

“Memang ada orang-orang tertentu yang punya pembawaan tertentu, termasuk dalam pilihan berpakaian atau gaya berbusananya. Di era disrupsi standar kebenaran dalam berpakaian juga bisa berubah,” kata Hetifah kepada wartawan, Sabtu (7/12/2019).

Hetifah juga menjelaskan bahwa pejabat atau birokrat pada masa lalu sering menggunakan safari sebagai baju resmi.

Tetapi saat ini, baju putih yang sangat sederhana dapat diterima oleh masyarakat sebagai pakaian yang memiliki nuansa formal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nadiem Makarim Busana

Nadiem Makarim Kena Kritik Soal Busana, Ini Kata Komisi X DPR!

PSM Makasar

Berita Liga 1 2019: PSM Pincang Jelang Bertandang Ke Markas Persela!