Seperti Apa Penampakan Rumah di Peradaban Kuno, Dari Bangsa Mesir Hingga Suku Aztecs

Mesopotamia

Bangsa Minoan

Lukisan Ladies in Blue Minoan
Lukisan Ladies in Blue Minoan

Kebudayaan Minoan adalah peradaban Eropa pertama yang maju dan berkembang di Pulau Crete, di sekeliling kepulauan Aegean. Hidup di masa 2000-1500 Sebelum Masehi, sebagai bangsa yang dikelilingi lautan, Bangsa Minoan mengembangkan jalur-jalur perdagangan laut, membuat produk-produk seni yang indah dan mendirikan istana-istana yang megah. Lukisan Minoan yang terkenal “Ladies in Blue” yang tampak pada foto di atas diperkirakan dibuat pada sekitar tahun 1600-1450 Sebelum Masehi. Lukisan tersebut ditemukan di istana Knosso dan menunjukkan tiga wanita yang bergaun mewah dan dihiasi berbagai macam perhiasan.

Rumah Warga Biasa Bangsa Minoan

Rumah Warga Biasa Bangsa Minoan
Rumah Warga Biasa Bangsa Minoan

Orang termiskian di Minoan tinggal di rumah yang cukup besar dibuat dari duplex dan berbentuk persegi empat. Mereka juga memiliki halaman yang tertutup. Rumah-rumah itu dibuat dari batu dan bukan dari batu bata. Foto di atas menunjukkan sebuah model rumah dari Bangsa Minoan di pertengahan periode mereka yang ditemukan di Archanes, Crete.

Bagian Dalam Rumah Warga Biasa Bangsa Minoan

Bagian Dalam Rumah Warga Biasa Bangsa Minoan
Bagian Dalam Rumah Warga Biasa Bangsa Minoan

Umumnya, rumah bangsa Minoan memiliki banyak ruangan, termasuk toilet-toilet yang terpisah yang terhubung ke saluran air untuk membuang kotoran. Ruangan-ruangan tersebut memiliki perabotan yang bagus, dibuat dari kayu, beragam tembikar dan peralatan lainnya. Dinding dihiasi dengan berbagai lukisan mural yang masih bisa dilihat hingga abad 21 ini.

Rumah Kaum Elit Bangsa Minoan

Rumah Kaun Elit Bangsa Minoan
Rumah Kaun Elit Bangsa Minoan

Bangsa Minoan terkenal dengan istana-istananya yang menawan. Yang paling terkenal adalah komplek istana di Knosso, diatur khusus untuk Mitologi Minotaur. Berdiri di atas lahan seluas dua kali lapangan bola, tempat tinggal bangsawan tersebut dibangun dan diperbaiki selama mileniun kedua sebelum masehi.

Bagian Dalam Rumah Kaum Elit Bangsa Minoan

Bagian dalam rumah kaum elit Minoan
Bagian dalam rumah kaum elit Minoan

Istana dengan lantai lebih dari satu dan dibentuk seperti labirin itu memiliki ruangan-ruangan dengan tiang, halaman, tangga-tangga yang elegan, sistem drainase modern dan ruang teater untuk pertunjukan publik. Seperti yang bisa kamu lihat pada foto di atas yang merupakan rekaan sebuah ruangan di Knossos. Interiornya terkesan mewah dan dengan dekorasi yang bagus.