Seperti Apa Penampakan Rumah di Peradaban Kuno, Dari Bangsa Mesir Hingga Suku Aztecs

Mesopotamia

Bangsa Mesir Kuno

Bangsa Mesir kuno mendiami wilayah Sungai Nil di Afrika Timur Laut sekitar 5000 – 30 sebelum masehi. Saat itu mereka telah mengembangkan sistem pengobatan dan Matematika, membuat berbagai macam karya yang menakjubkan dan sastra. Namun yang paling dikenal dari peradaban mereka adalah bidang teknik sipil dengan hasil karya berupa sistem irigasi, obelisk, kuil dan tentu saja… piramid-piramid yang masih menakjubkan hingga kini.

Bangsa Mesir Kuno
Bangsa Mesir Kuno

Seperti apa kondisi rumah mereka?

Scroll ke bawah guys!

Rumah warga biasa Bangsa Mesir Kuno

Rumah Warga Biasa Bangsa Mesir Kuno
Rumah Warga Biasa Bangsa Mesir Kuno

Rumah mereka umumnya dibuat dari batu bata dan papyrus. Banjir tahunan akibat meluapnya sungai Nil membuat material lumpur dan tanah liat melimpah dan bisa didapatkan dengan mudah saat itu. Sedangkan untuk pintu, langit-langit dan furniture mereka menggunakan kayu.

Bagian Dalam Rumah Warga Biasa Bangsa Mesir Kuno

Bagian dalam rumah warga biasa mesir kuno
Bagian dalam rumah warga biasa mesir kuno

Rumah orang-orang dengan strata sosial rendah pada waktu itu hanya memiliki satu ruangan dengan atap datar. Ruangan itu digunakan untuk tidur. Rumah mereka biasanya menghadap ke halaman terbuka tempat mereka memasak makanan dan memelihara hewan piaraan. Jendela dan pintu ditutup dengan daun papyrus. Perabotannya sangat sederhana, kursi dan dipan dari kayu.

Rumah Kaum Elit Mesir Kuno

Rumah Kaum Elit Mesir Kuno
Rumah Kaum Elit Mesir Kuno

Sangat bertolak belakang dengan warga biasa, kaum elit Mesir kuno memiliki rumah yang sangat mewah. Hunian berkualitas tinggi dengan kamar-kamar yang sangat banyak dan dibuat dari batu bata berkualitas. Yang paling menakjubkan adalah istana-istananya yang memiliki eksterior mewah, kolam pendingin dan taman-taman yang luas.

Bagian Dalam Rumah Kaum Elit Mesir Kuno

Bagian dalam rumah kaum elit mesir kuno
Bagian dalam rumah kaum elit mesir kuno

Seperti Bangsa Mesopotamia, rumah kaum elit Mesir Kuno juga memiliki struktur yang melewati teknologi pada jamannya dengan toilet yang terpisah, dapur yang sangat besar dan ruang tamu. Dinding dan langit-langit dicat dengan gambar-gambar warna-warni dan hieroglyph. Di samping itu, mereka juga memiliki meja, patung-patung, cermin dan benda-benda mewah lainnya di jaman itu.

Lanjut ke Bangsa Minoans (awal mula peradaban Eropa)