Seperti Apa Penampakan Rumah di Peradaban Kuno, Dari Bangsa Mesir Hingga Suku Aztecs

Mesopotamia

Bentuk Rumah Warga Biasa Mesopotamia

rumah orang biasa Mesopotamia
rumah orang biasa Mesopotamia

orang-orang Mesopotomia tinggal di hunian yang dianyam dari alang-alang yang dikuatkan dengan tanah liat. Rumah yang kecil disebut Raba sedangkan yang agak besar dinamakan Mudhif. Konstruksi bangunan ini masih dipakai oleh orang-orang M’dan (Marsh Arab) di wilayah Irak selatan, namun saat Saddam Husein memimpin rumah mereka banyak yang dihancurkan pada tahun 1990 an.

Bagian dalam rumah warga biasa bangsa Mesopotamia

rumah orang biasa Mesopotamia bagian dalam
rumah orang biasa Mesopotamia bagian dalam

Raba dan mudhif memiliki pintu masuk dan memiliki pemisah antara ruang keluarga utama dan ruang yang biasa digunakan untuk tamu. Perabotan yang digunakan mulai dari meja sederhana, kursi hingga tikar untuk tidur yang dibuat dari ilalang yang dianyam. Sedangkan untuk penerangan, menggunakan lampu minyak wijen.

Rumah kaum elit Mesopotamia

Rumah Kaun elit Mesopotamia
Rumah Kaun elit Mesopotamia

Raja dan para bangsawan Mesopotamia tinggal di istana-istana yang megah. Foto di atas adalah istana raja Assyrian Sargon II di Dur-Sharrukin di abad 8 sebelum masehi. Kalangan atas Mesopotamia tinggal di rumah-rumah yang lebih bagus terbuat dari batu bata putih yang dikeringkan dengan sinar matahari. Berbeda dengan raba dan mudhif, rumah mereka memiliki jendela.

Bagian dalam rumah Kaum Elit bangsa Mesopotamia

Rumah Kaun elit Mesopotamia bagian dalam
Rumah Kaun elit Mesopotamia bagian dalam

Kediaman kaum elit Mesopotamia, bagian yang paling menonjol adalah kamar tidur yang terpisah, yang dilengkapi dengan toilet, tungku api yang indah dan furniture dengan hiasan yang rumit. Ruangan juga dihiasi dengan relief dan pahatan. Foto di atas menunjukkan sebuah ruangan di istana raja Sennacherib di Nineveh sekitar 700 sebelum masehi.

Lanjut ke Bangsa Mesir Kuno