in

Seolah Memberi Angin Segar, RUU KUHP Dibahas Komisi III Lagi!

RUU KUHP Komisi III
Demo Tolak RUU KUHP (sumber: kronologi.id)

Komisi III DPR, salah satu dari sebelas Komisi DPR RI dengan lingkup tugas di bidang hukum, hak asasi manusia, dan keamanan sedang dalam tahap penyusunan jadwal sosialisasi Rancangan Undang-Undang (RUU) KUHP. Ketua Komisi III DPR, Herman Hery mengatakan bahwa masih ada peluang untuk pembahasan kembali pasal-pasal yang tertuang dalam RUU KUHP.

Herman mengatakan bahwa dari hasil sosialisasi pihaknya bisa mendapat masukan untuk menyempurnakan RUU KUHP.

“Nanti kalau dalam sosialisasi ada hasil yang menurut kita substansinya sangat prinsip, bisa kita pikirkan. Kan negara ini tidak semuanya harus saklek hitam putih. Kita lihat hasil dari sosialisasi, kita bisa dapat masukan. Saya kira itu,” kata Herman di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019) dilansir dari detikcom.

Selain RUU KUHP, Komisi III DPR juga sedang dalam proses menyusun jadwal sosialisasi revisi UU Permasyarakatan (PAS). Terkait hal ini, Herman Hery memastikan bahwa sosialisasi akan dilakukan ke semua kelompok masyarakat.

“Ya ke semua kelompok masyarakat, ke kampus-kampus, terutama kampus-kampus. Kalau banyak orang menamakan diri dari masyarakat, dari masyarakat yang mana? Kita harus cari tahu dan sosialisasikan, kan begitu,” jelasnya.

Telah diberitakan sebelumnya bahwa ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas telah memastikan bahwa RUU KUHP menjadi salah satu yang di carry over. Tetapi untuk urusan adanya pembahasan lagi atau tidak soal pasal-pasal di RUU KUHP, hal itu adalah sepenuhnya kewenangan Komisi III DPR.

“Tapi saya bisa pastikan hari ini bahwa RUU tentang KUHP itu pasti akan di-carry over. Nah, soal nanti pembahasan materinya mana yang kemarin mendapat penolakan nanti tetap, karena kalau RKUHP udah pasti di III yang bahas, di Komisi III,” ujar Supratman, Rabu (30/10) kemarin.

Report

Written by Eden Pemalang

D.O.P / Travel Filmmaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Reuni PA 212 Prabowo

Soal Reuni, Jubir PA 212: Prabowo Belum Diundang!

Film KKN di Desa Penari (sumber: youtube.com)

KKN Di Desa Penari Dibuat Film! Ini Trailernya!