Sejarah Batik di Indonesia, Sederhana tapi Penuh Makna

Sejarah Batik
Membuat Batik (sumber: phinemo.com)

Perkembangan Batik

Batik mulai dikenal oleh masyarakat luas oleh presiden Soeharto pada pertengahan tahun 80-an. Soeharto memperkenalkan batik melalui cara yang cukup unik, yaitu memberikan batik sebagai cinderamata untuk tamu-tamu negara.

Presiden Soeharto juga mengenakan batik pada saat menghadiri konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Karena hal ini, nama batik semakin dikenal bahkan diluar negara Indonesia.

Sejak ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO pada 2009, batik berkembang dengan sangat pesat. Motif baru dan metode baru ditemukan untuk bisa menghasilkan batik yang berkualitas tetapi bisa cepat terselesaikan.

Pembuatan batik pun tidak melulu menggunakan canting yang disebut batik tulis. Tetapi ada pula Batik Cap, Batik Print, dan jenis-jenis batik yang lain. Tetapi memang nilai yang diberikan oleh batik selain batik tulis yang dibuat menggunakan canting akan berkurang secara estetis.

Banyak orang menganggap sesuatu yang dikerjakan dengan sepenuh hati memiliki nilai yang lebih berharga ketimbang sesuatu yang dibuat secara masal dan tanpa melibatkan rasa dalam proses pembuatannya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Buruan Gosok Baju Batik! Besok Hari Batik Nasional!

Download MP3 & Lirik Lagu Sejauh Dua Benua Arsy Widianto feat Brisia Jodie