Kisah Penangkapan Oarfish
Oarfish (sumber: tribunnews.com)

Sedang Geger, Ini Kisah Lengkap Penangkapan Oarfish!

Seekor ikan berjenis Oarfish ditangkap di selayar. Ikan ini sempat menggegerkan banyak orang terkait banyaknya info yang beredar. Berikut ini kisah penangkapan ikan Oarfish itu.

Oarfish ditangkap oleh seorang nelayan asal Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan bernama Haerul.

Pria berusia 29 tahun itu mengatakan bahwa kisah penangkapan Oarfish dilakukan di bagian timur Selayar, sekitar 7-8 mil dari pelabuhan Pamatata.

“(Oarfish-ditemukan) di bagian timur Selayar, sekitar 7-8 mil dari Pelabuhan Pamatata,” kata Haerul, Selasa (10/12/2019) dilansir dari detikcom.

Awalnya, Haerul menduga bahwa Oarfish itu hanyalah seutas tali yang tersangkut di kapal. Hal itu melintas di pikiran Haerul karena kulit Oarfish sangat bening.

Tetapi ketika mengetahui bahwa itu adalah seeokor ikan, Haerul mengaku sempat takut karena baru pertama kali melihat ikan seperti ini.

Haerul sempat menduga bahwa itu adalah ikan yang berbahaya dan ganas sehingga perasaan takut sempat menghampiri Haerul.

“Pertama saya lihat, saya pikir, ih, apa ini, barusanku saya lihat ikan begitu, jadi agak ragu meki, takut, nanti dibilang ganas ki,” katanya.

“Kan ndag pernah kita orang-orang di sini di sekitar Bulukumba, sekitar perairan Selayar, Teluk Bone saja ndag ada yang pernah yang begitu (menemukan ikan oarfish),” imbuhnya.

Kemudian Haerul mengangkat ikan tersebut ke atas kapalnya. Tak lama kemudian, Haerul mencari informasi terkait ikan yang masuk ke kapalnya itu.

Akhirnya ditemukan lah nama Oarfish. Tak hanya itu, mitos Jepang terkait munculnya gempa karena kemunculan hewan ini pun juga dirinya baca.

“Saya lihat infonya ternyata ikan begini (oarfish). Iya oarfish yang dipercaya, kalau mitosnya orang Jepang penanda gempa-tsunami,” katanya.

Keesokan harinya, Senin (9/12/2019) Haerul dan teman-temannya membawa Oarfish tersebut ke pelabuhan Bira, Bonto Bahari. Seantero pelabuhan itu geger karena adanya legenda bahwa ikan itu adlaah penanda datangnya gempa dan tsunami.

“Kalau warga di kampung kayak parno mi, seolah-olah dibilang oh (akan gempa-tsunami). Percaya sekali dengan mitos-mitos yang begitu, orang di kampung begitu mi (cenderung percaya),” katanya.

Oarfish Muncul

Telah diberitakan sebelumnya bahwa seekor Ikan Besar muncul ke permukaan dan menggegerkan banyak orang. Pasalnya ikan tersebut sering kali dikaitkan dengan pertanda akan munculnya gempa besar dan tsunami.

Alasan munculnya pemikiran semacam ini bukanlah tanpa alasan. Ikan tersebut adalah Oarfish yang hidup di lautan dalam.

Penangkapan ikan ini menjadi heboh di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Selain foto-foto yang beredar semacam ini, ada beberapa pertanyaan yang muncul.

Mulai dari pertanyaan yang penuh teori konspirasi sampai pertanyaan seperti, mengapa ikan tersebut bisa muncul ke permukaan banyak ditanyakan oleh Warganet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Borneo FC

Tantang Persib, Borneo FC Incar Posisi Kedua Klasemen Liga 1 2019!

Oarfish Menggegerkan

Sempat Menggegerkan, Ini Alasan Nelayan Buang Oarfish, Ikannya….