Penajam Paser Utara Rusuh
Penajam Paser Utara Rusuh (sumber: xtreampoint.com)

Penajam Paser Utara Rusuh! Ini Kondisi Terkininya!

Salah satu lokasi pemindahan Ibu Kota, Penajam Paser Utara sempat rusuh pada Rabu (16/10/2019) siang. Saat ini kondisi di Penajam Paser Utara sudah kembali kondusif dan masyarakat bisa mulai beraktivitas seperti biasanya. Hal itu disampaikan dan dipastikan oleh pihak TNI dan Polisi yang mengamankan Penajam Paser Utara.

Ketua Laskar Pertahanan Adat Paser Kabupaten Penajam Paser Utara, Paidah Riansayah mengatakan bahwa warga diharapkan untuk tidak terprovokasi akan isu SARA yang beredar.

“Masyarakat diharapkan jangan terprovokasi oleh isu-isu yang sengaja diembuskan oleh para provokator yang berbau SARA,” kata Paidah kepada wartawan, Kamis (17/10/2019) dilansir dari detik.com.

Paidah juga berharap pada para sesepuh, serta tokoh suku, agama dan kepercayaan untuk bisa bersama-sama meredam warga atau komunitas di tiap-tiap lingkungan. Komunitas dan warga biasanya gampang terpancing dengan isu-isu provokatif padahal disampaikan oleh pihak yang tidak bisa dimintai pertanggungjawaban.

Selain dihimbau untuk tenang, warga setempat juga dihimbau untuk tidak ikut menyebarkan video-video yang sifatnya provokatif dan memiliki potensi untuk membuat keurusuhan di kemudian hari.

“Masyarakat jangan menyebarkan video-video atau postingan yang mengarah ke provokatif SARA. Mari kita mendoakan untuk kedamaian di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (calon Ibu Kota Negara) khususnya Kaltim dan Indonesia pada umumnya,” tuturnya.

Upaya TNI Polri

Kondisi Penajam Paser Utara sempat dikabarkan rusuh pada Rabu (16/10/2019) siang. Tetapi kondisinya sudah aman setelah ada anggota TNI dan Polri yang melakukan patroli dan menjaga keamanan.

Kolonel Kav Dino Martino mengatakan bahwa kondisi di Penajam Paser Utara sudah kondusif setelah kemarin harus sempat panas.

“Kondisi sudah kondusif di lokasi kejadian pasca-kejadian,” kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VI/Mulawarman, Kolonel Kav Dino Martino, kepada wartawan, Kamis (17/10).

Kolonel Dino mengatakan bahwa kerusuhan sudah dipastikan berakhir pada pukul 21.00 WIB. Setelahnya ada aparat yang melakukan patroli untuk memastikan tidak ada kerusuhan berikutnya yang menyusul.

Kerusuhan tersebut dilokalisasi sehingga hanya berada di kawasan sekitar pelabuhan Penajam Paser Utara.

“Personel TNI-Polri telah mengamankan lokasi kejadian, patroli mencegah massa untuk membuat kerusakan dan menyekat massa dari luar yang akan masuk ke tempat kejadian,” kata Dino.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Tito Lem Aibon

Terkait Demo, Kapolri: Paginya Damai, Malamnya Lempar Batu

psm vs arema

Laporan Pertandingan Liga 1 2019: PSM Makasar (6) vs Arema FC (2)