Ngeri, Ini 5 Dampak Jika Terlalu Sering Makan Pedas!! Nomer 4 Hati-hati…
sumber(winnetnews.com)

Ngeri, Ini 5 Dampak Jika Terlalu Sering Makan Pedas!! Nomer 4 Hati-hati…

Bagi masyarakat Indonesia, makanan pedas memang menjadi hal yang sangat menggoda. Apalagi kini makanan pedas kini kian digemari, bahkan saat ini sudah menjamur tempat makan yang menawarkan menu makanan dengan sensasi tingkat kepedasan yang berbeda-beda.

Namun apakah kalian tahu kalau sebenarnya pedas bukanlah rasa? Dilansir dari halodoc.com, pedas merupakan suatu sensasi yang muncul akibat zat kimia bernama capsaicin.

Dimana jika sensasi pedas ini dikonsumsi dengan jumlah yang pas, maka zat capsaicin akan memberikan manfaat untuk tubuh kita. Namun sebaliknya, jika dikonsumsi berlebihan, maka makanan pedas itu justru bisa berbahaya bagi tubuh kita.

Dan berikut sederet bahanya untuk tubuh kita jika terlalu banyak memakan makanan pedas, dilansir dari akun Instagram @zonakesehatanindo:

  1. Perut mulas

Dampak pertama dari kelebihan memakan makanan pedas yakni perut mulas yang mengakibatkan tidak nyaman. Sebagian orang juga mengalami masalah asam lambung naik akibat sering mengonsumsi makanan pedas.

Disisi lain, pakar kesehatan mengatakan, jika kita sudah mulai merasakan efek tersebut disarankan untuk mengonsumsi yogurt lantaran kandungan dari yogurt bisa menenangkan perut.

  1. Ganguan pencernaan

Mengonsumsi makanan pedas dengan berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada usus. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan capsaicin yang memang bisa memberikan sensasi pedas pada perut kita.

  1. Iritasi pada bibir

Jika kita mengonsumsi makanan bersama dengan cabai, bibir kita tentu akan terasa pedas dan panas. Menurut pakar kesehatan, menyebut bahwa cabai sendiri memiki kemampuan dalam mengiritasi kulit pada bibir sehinngga sebaiknya kita tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

  1. Kehilangan kepekaan rasa
BACA juga :  Udah Tau Lagu Aisyah Istri Rasulullah? Ternyata Dari Malaysia!

Terlalu banyak makan makanan pedas bisa mengurangi sensitivitas lidah dalam mengecap rasa, bahkan bisa membuat sensitivitas lidah berangsur hilang. Jika sensitivitas berkurang, lidah tidak lagi berfungsi optimal untuk menentukan porsi makanan pedas yang dapat ditolerir.

  1. Refluks Asam

Untuk beberapa orang, mengonsumi makanan pedas dapat memicu refluks asam yang mana hal ini merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa panas seperti terbakar pada saluran kerongkongan. Dilansir dari halodoc.com, Refluks asam ini juga bisa memicu sindrom Gastroesophhageal Refluxx Disease (GERD), luka pada kerongkongan (esofagitis), serta atypal syndrome yang dapat menggangu aktivitas kita sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jessie J - PRICE TAG (Cover Cheryll, Risma)

Lirik Lagu Mp3 Jessie J – PRICE TAG (Cover Cheryll, Risma)

Miris! Seorang Anak di Brebes Hantam Kepala Ibunya dengan Batu Hingga Tewas!