Nadiem Makarim Guru
Nadiem Makarim (sumber: tribunnews.com)

Nadiem Makarim Kepada Seluruh Guru: Buat Perubahan!

Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk periode kedua Presiden Joko Widodo mengatakan melalui pidatonya bahwa seluruh guru di Indonesia harus membuat perubahan mulai sekarang.

Dalam pidatonya yang tersebar di media sosial itu Nadiem mengatakan bahwa perubahan justru sebenarnya tidak dapat dimulai dari atas.

Hal itu harus dimulai dari bawah, yang dalam dunia pendidikan, Guru adalah ujung tombak yang sangat-sangat diandalkan dalam hal ini.

“Semua berawal dan berakhir dari guru,” petikan pidato dari Nadiem Makarim yang dikutip oleh Tim Elipsir pada Senin (25/11/2019).

Karena hal itu, Nadiem langsung mengintruksikan seluruh Guru untuk membuat perubahan, bahkan dituliskan di pidato tersebut bahwa seluruh guru tidak perlu menunggu perintah untuk membuat sesuatu.

“Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama,” lanjut pidato yang ditandatangi oleh Nadiem Makarim pada Hari Guru itu.

Ada beberapa poin yang dibuat oleh Nadiem Makarim untuk dapat dilaksanakan oleh seluruh Guru dalam rangka membuat langkah pertama. Hal itu adalah,

  • Mengajak ke seluruh murid yang ada di kelas supaya berdiskusi bukan hanya menjadi pendengar
  • Memberikan kesempatan kepada seluruh murid untuk mengajar di kelas
  • Mencetuskan proyek bakti sosial yang nantinya melibatkan seluruh kelas yang ada di sekolah
  • Menemukan bakat yang ada di dalam pribadi murid yang memang dianggap kurang percaya diri
  • Menawarkan bantuan kepada seluruh guru yang sedang mengalami kesulitan dan dipastikan akan dibantu oleh Kementerian terkait

Nadiem menutup pidatonya dengan kata-kata yang sangat menyentuh hati. Nadiem mengatakan bahwa apabila setiap guru telah melakukan perubahan, Indonesia pasti dapat bergerak maju.

“Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya dengan serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak,” pungkas Nadiem sebelum mengatakan ucapan, “Selamat Hari Guru.”

Nadiem Soal Hari Guru

Telah diberitakan sebelumnya bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim melalui pidato yang dibuatnya untuk Hari Guru Nasional yang jatuh pada Senin (25/11/2019) ini mengatakan bahwa dirinya akan membuat pidato yang agak berbeda.

Melalui sebuah tangkapan layar yang berisi pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tersebar di Internet, Nadiem Makarim mengatakan bahwa dirinya ingin mengatakan sesuatu dengan apa adanya dan tulus kepada semua Guru di Indonesia.

Menurutnya, Guru adalah sebuah tugas yang mulia sekaligus paling sulit untuk dijalankan. Bagaimana tidak, seorang guru mengemban tugas untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi justru malah diberi banyak aturan dibandingkan pertolongan.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Pidato Nadiem Makarim Hari Guru

Nadiem Makarim Di Pidato Hari Guru: Pidato Saya Berbeda!

Persebaya Surabaya

Berita Liga 1 2019: Aji Bahagia Usai Permalukan Persipura Jayapura!!