Nadiem Makarim Busana
Nadiem Makarim di Pelantikan Rektor (sumber: detik.com)

Nadiem Makarim Dikritik Soal Busana, Sama Siapa?

Nadiem Makarim mendapat kritikan soal busana yang dirinya kenakan. Berita ini sudah menyebar hampir ke banyak media online. Tapi siapa yang membuat kritikan ini?

Setelah diusut oleh tim Elipsir, ternyata kritikan ini dilontarkan oleh Mantan Ketua DPR, Marzuki Alie.

Marzuki mengatakan bahwa sebagai pejabat VVIP di acara yang resmi, pakaian yang dikenakan oleh Nadiem dianggap terlalu santai.

Nadiem disarankan untuk meniru contoh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dapat menyesuaikan dress-code di tempat yang cocok.

Marzuki juga mengingatkan bahwa Nadiem sekarang adalah seorang Pejabat Publik yang menjadi sorotan setiap langkah yang dibuatnya.

Marzuki mengungkapkan kritikan tersebut melalui cuitan yang dituliskan olehnya di Twitter pada Jumat (6/12/2019) kemarin sekitar pukul 05.32 pagi.

Marzuki menulis,

“Mas menteri @NadiemMakarim sebagai pejabat VVIP pada acara resmi protokoler, pelantikan rektor UI, pakai baju santai, sepatu tanpa kaos, disaat yang lain pakaian lengkap. Perlu mencontoh pres @jokowi yang bisa menyesuaikan dress codenya. Anda sekarang pejabat publik.”

Nadiem Makarim Dikritik

Telah diberitakan sebelumnya bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sempat mendapat kritik karena dinilai mengenakan busana yang terlalu santai pada saat menghadiri pelantikan Rektor Universitas Indonesia.

Terkait hal ini, Komisi X DPR yang diwakili oleh Wakil Ketuanya, Hetifah Sjaifudian mengatakan bahwa sebenarnya hal itu tidak perlu dibesar-besarkan.

Hetifah kemudian menjelaskan bahwa norma kepantasan berpakaian dapat selalu berubah setiap saat seiring berkembangnya zaman dan tren.

“Memang ada orang-orang tertentu yang punya pembawaan tertentu, termasuk dalam pilihan berpakaian atau gaya berbusananya. Di era disrupsi standar kebenaran dalam berpakaian juga bisa berubah,” kata Hetifah kepada wartawan, Sabtu (7/12/2019).

Hetifah juga menjelaskan bahwa pejabat atau birokrat pada masa lalu sering menggunakan safari sebagai baju resmi.

Tetapi saat ini, baju putih yang sangat sederhana dapat diterima oleh masyarakat sebagai pakaian yang memiliki nuansa formal.

Tinggalkan Balasan

Nadiem Makarim Busana

Nadiem Pakai Baju Santai Saat Pelantikan Rektor, Ini Komentar Pihak UI!

Darije kalezic

Sambangi Markas Persela, Darije Waspadai Pemain Ini!!