Pidato Nadiem Makarim Hari Guru
Nadiem Makarim (sumber: tribunnews.com)

Nadiem Makarim Di Pidato Hari Guru: Pidato Saya Berbeda!

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim melalui pidato yang dibuatnya untuk Hari Guru Nasional yang jatuh pada Senin (25/11/2019) ini mengatakan bahwa dirinya akan membuat pidato yang agak berbeda.

Melalui sebuah tangkapan layar yang berisi pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tersebar di Internet, Nadiem Makarim mengatakan bahwa dirinya ingin mengatakan sesuatu dengan apa adanya dan tulus kepada semua Guru di Indonesia.

Menurutnya, Guru adalah sebuah tugas yang mulia sekaligus paling sulit untuk dijalankan. Bagaimana tidak, seorang guru mengemban tugas untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi justru malah diberi banyak aturan dibandingkan pertolongan.

Seorang guru juga biasanya ingin untuk membantu murid yang tertinggal di kelas, tetapi kebanyakan waktu yang dimiliki seorang guru akan habis untuk mengerjakan tugas administratif yang tidak memiliki manfaat yang jelas.

Seorang guru juga terpatok pada kurikulum yang menutup pintu petualangan. Guru juga terpaksa mengukur semuanya dari angka-angka yang didesak oleh para “pemaku kepentingan.”

Guru juga menurut Nadiem Makarim dapat mengalami frustasi karena mereka sudah mengetahui bahwa dalam dunia yang sebenarnya kemampuan berkarya dan kolaborasi akan menentukan kesuksesan seorang anak, ketimbang berpatok pada kemampuan menghafal.

Guru, karena pengalaman yang dimilikinya juga mengetahui bahwa setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Tetapi karena atas asas “keseragaman”, semua itu telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi.

Guru juga ingin agar setiap muridnya terinspirasi, tetapi guru tidak diberi kepercayaan untuk membuat inovasi.

Menurut kalian bagaimana pidato yang disampaikan oleh Nadiem Makarim dalam momen Hari Guru Nasional diatas? Apakah hal itulah yang sebenarnya telah terjadi selama ini?

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Guru adalah sebuah tugas yang mulia sekaligus paling sulit untuk dijalankan. Bagaimana tidak, seorang […]

Persebaya vs Persipura

VIDEO!! Full Highlights Persebaya vs Persipura (1-0)

Nadiem Makarim Guru

Nadiem Makarim Kepada Seluruh Guru: Buat Perubahan!