Musik dan Meditasi Bisa Meningkatkan Imun. Ini Penjelasannya

Meditasi dan Musik

Manfaat Meditasi dan Musik

Meditasi dan musik adalah kegiatan yang sangat baik untuk kesehatan. Sebuah riset membuktikan bahwa kedua aktivitas tersebut memiliki efek yang baik terhadap pikiran, badan dan emosimu.

Bagaimana musik dan meditasi bisa menyembuhkan?

Melindungi Hati

Orang-orang yang terbiasa melakukan meditasi memiliki rasio terkena serangan jantung atau stroke lebih sedikit, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School. Meditasi terbukti mampu mengurangi resiko cardiovascular mental karena mampu menurunkan tekanan darah, andrenalin dan hormon yang berkaitan dengan stress atau cortisol.

Membantu tidur lebih nyenyak

Orang dewasa banyak yang memiliki masalah dengan tidur. Menurut penelitian yang dilakukan oleh JAMA medicine, setelah 6 minggu melakukan meditasi, gejala imsomnia dan pegal-pegal akan berkurang, membantu tidur lebih nyenyak karena badan akan lebih rileks di malam hari.

Mengurangi rasa sakit

Pasien yang mendengarkan musik sebelum, selama dan setelah melakukan operasi akan lebih tenang dan rasa sakitnya akan berkurang setelah operasi. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan The Lancet.

Meningkatkan imunitas tubuh

Menurut penelitian dari McGill University, seorang penikmat musik memiliki jumlah sel pembunuh yang lebih lebih tinggi. Sel imun tersebut yang akan menyerang bakteri, sel-sel infeksi dan sel kanker.

BACA juga :  Inilah Cara Mengontrol Pikiranmu

Penikmat musik akan memiliki tingkat Immunoglobulin A (IgA), sejenis antibody di saluran pencernaan dan paru-paru yang membantu mencegah infeksi

Menajamkan otak dan memori

Semakin tua kita akan semakin berkurang kemampuan memorinya. Menurut sebuah Jurnal tentang penyakit Alzheimer, setelah 3 bulan melakukan meditasi sederhana atau mendengarkan musik, terjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kognitif dan memori orang dewasa.

Meningkatkan mood

Mendengarkan musik akan memperbaiki mood mu karena adanya pelesan dopamine, sebuah zat kimia di otak yang biasanya akan dikeluarkan ketika kita mendapatkan pengalaman menyenangkan atau dipuji orang lain. Hal itu berdasarkan penelitian dari McGill University.

Meditasi akan memperbaiki mood dan mengurangi resiko depresi.

Rekomendasi musik untuk anda dengarkan selama melakukan meditasi

No Comments
Post a comment