Menilik Satu-Satunya Pulau di Indonesia Yang Tak Pernah Dijajah Belanda!!

Menilik Satu-Satunya Pulau di Indonesia Yang Tak Pernah Dijajah Belanda!!

Indonesia pernah dijajah Belanda selama 350 tahun. Meski Belanda pada waktu itu seutuhnya menguasai bumi nusantara ini, ternyata ada sebuah pulau di Sulawesi Tenggara yang sama sekali tidak pernah dijajah oleh Belanda.

Dimana tempat tersebut yakni Pulau Buton yang pada saat penjajahan Belanda memiliki kerajaan yang kuat dan tangguh. Hal itu yang membuat belanda sendiri ogah untuk mengganggu orang-orang di pulau Buton tersebut.

Kesultanan Buton sendiri terletak di kaki sebelah kanan pulau Sulawesi, tepatnya di daerah Sulawesi Tenggara. Kekuasaan Kesultanan Buton meliputi seluruh Pulau Buton dan beberapa pulau yang terdapat di Sulawesi.

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, pulau ini dulu tidak pernah menjadi wilayah jajahan Belanda meski negeri dari Eropa itu sudah memasuki Indonesia sejak tahun 1600-an. Bahkan penduduk Buton tidak pernah mengalami kerja paksa oleh para Belanda.

Namun sebaliknya, Buton menjadi tempat singgah karena letaknya yang strategis. Bahkan Belanda dan Portugis menjalin hubungan baik untuk mendapatkan rempah-rempah. Tak hanya itu saja Ia juga menilai Kesultanan Buton memiliki struktur monarki yang solid dan kekuatan pertahanan yang kokoh. Apalagi dulu Kesultanan Buton aktif memantau bajak laut yang mendekat dan tidak segan untuk angkat senjata guna mengusirnya.

Sistem pemerintahan Buton

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, dulu Buton merupakan sebuah negara sendiri, jauh sebelum terbentuknya Indonesia. Selain itu, pada zaman itu Kerajaan Buton sendiri memiliki sistem pemerintahan yang terdiri atas raja, perdana menteri, tentara, dan rakyat seperti halnya negara monarki.

Perubahan Kerajaan Buton menjadi Kesultanan Buton

Kerajaan Buton pun berganti nama menjadi Kesultanan Buton sejak pemerintahan Murhum Sultan Kamuddin Khalifatul Khamis di tahun 1538. Hal itu seiring dengan masuknya Islam yang dibawa oleh orang-orang Arab yang datang ke Buton. Pada 1960, Kabupaten Sulawesi Tenggara dimekarkan menjadi empat kabupaten, yaitu Buton, Muna, Kolaka dan Kendari. Selanjutnya di tahun 1962, Sulawesi tenggara menjadi sebuah provinsi dengan Ibu kota di Kendari.

Dan pada tahun 1965, Kesultanan Buton resmi bergabung dengan Indonesia dan menjadi perangkat adat dan budaya di Sulawesi Tenggara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *