Penyakit Twin to Twin Transfusion Syndrome Adalah
Ilustrasi Anak Kembar (sumber: fetalhealthfoundation.org)

Mengupas TTTS, Penyakit Anak Kembar Ammar Zoni & Irish Bella

Kabar duka datang dari pasangan Ammar Zoni dan Irish Bella karena bayi kembar mereka harus berhenti berjuang untuk hidup di usia yang ke-26 minggu atau sekitar 6 bulan. Dokter kemudian memastikan yang menyebabkan terjadinya kematian anak kembar Ammar Zoni dan Irish Bella adalah Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS).

Penyakit atau kelainan ini memang belum atau jarang kita kenali sebagai penyakit kehamilan. Tetapi ternyata penyakit ini sanga-sangat mungkin terjadi terutama pada kehamilan kembar identik. Singkatnya TTTS adalah penyakit plasenta yang mempengaruhi kehamilan kembar identik.

Bayi Kembar Identik

Ketika ada kehamilan bayi yang kembar, ada kemungkinan kedua janin tersebut berbagi dalam satu plasenta. Selain berbagi plasenta atau tempat tinggal sang janin, mereka berdua harus berbagi jaringan pembuluh darah yang memasok oksigen dan nutrisi untuk perkembangan dalam rahim. Kehamilan seperti ini biasa dikenal dengan istilah monochorionic.

Pengaruh TTTS

Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS) menjadikan jalur pembuluh darah yang ada dalam plasenta tidak dapat membagi jatah dengan merata. Akibatnya bayi yang mendapat jatah lebih sedikit akan mengalami kurang gizi. Hasilnya perkembangan sang janin lambat, dan berpotensi mengalami kematian.

Di sisi lain, janin yang mendapat pasokan terlalu banyak akan membuat jantung bekerja berlebihan. Hal itu terjadi karena pasokan darah yang datang terlalu banyak sehingga jantung sang janin harus bekerja lebih keras agar bisa mengatasi dan menyalurkan darah-darah tersebut. Hal ini dapat meningkatkan komplikasi penyakit jantung.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Liga 1 2019- Pekan ke-23

Jadwal Dan Streaming Liga 1 2019 Pekan ke-23: Misi Kalteng Putera Keluar Zona Merah

liga 1 2019 putri- persib

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Putri : Persib Gunduli PSS Sleman 5 Gol Tanpa Balas