Mengenang Alm. Gus Sholah Lewat Kutipannya!

Gus Sholah

JakartaGus Sholah atau KH Salahudin Wahid telah tutup usia pada Minggu (2/2/20) kemarin. Dimana Gus Sholah meninggal dunia di RS Harapan Kita, Jakarta pada pukul 20:55 WIB.

Dilansir dari liputan6.com, Gus Sholah sendiri meninggal karena  mengalami gangguan di organ Jantungnya. Hal ini diungkapkan langsung oleh putranya, Irfan Wahid, yang mengatakan bahwa kondisi ayahnya memang menurun sejak dua minggu yang lalu.

Kabar meninggalnya pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang ini membuat para santri dan juga tokoh-tokoh Indonesia merasa kehilangan sosoknya.

Walau kini telah tiada, mendiang Gus Sholah ternyata meninggalkan banyak ilmu yang bisa kita pelajari. Salah satunya yakni kutipan-kutipan yang pernah beliau ucapkan semasa hidupnya.

Lalu apa saja pelajaran yang bisa kita ambil dari kutipan-kutipan beliau, berikut contohnya.

  • “Banyak cara bersyukur yang dapat dilakukan. Beribadah secara istiqomah merupakan bentuk syukur kita kepada Allah”
  • “Karakter adalah tindakan spontanitas yang dihasilkan dari proses pembiasaan. Biasakan belaku baik karena hal itu menentukan karakter anda”
  • “Kita yang berlatar belakang agama harus memberikan contoh yang baik dan sopan dalamberliterasi. Orang yang punya literasi baik tidak mudah menghukumi sesuatu”
  • “Amal Saleh itu ada dua: pertama niatnya, kedua caranya”
  • “Soal rezeki, Allah yang ngatur. Tidak usah khawatir. Jatah kita tidak akan jatuh ke tangan orang lain.”
  • “Kepandaian tidak ada gunanya kalau tidak jujur. Yang ada nantinya hanya akan menjadi koruptor dan menipu bangsa sendiri.”