Masjid Isa Ibn Maryam
Masjid Isa Ibn Maryam

Masjid Isa Ibn Maryam, Gereja di New York yang Berubah Menjadi Masjid

Dari lima masjid di Amerika Serikat yang bernama Masjid Isa Ibn Maryam, masjid yang berada di Syracuse, New York adalah yang paling menyita perhatian. Apalagi setelah beredar di beberapa media sosial seperti Twitter dan Instagram, keberadaan masjid Isa Ibn Maryam tersebut makin membuat orang penasaran.

Kisah menarik di balik pendirian masjid Isa Ibn Masyam

Bila disebut sebagai simbol kerukunan umat beragama, maka masjid ini sangatlah pantas. Bagaimana tidak, masjid ini dulunya adalah sebuah gereja, gereja Holy Trinity. Bukan gereja biasa, namun gereja tertua yang juga menjadi ikon kota Syracuse. Banyak warga yang mempunyai kisah emosional dengan gereja tersebut.

Gereja Holy Trinity di Syracuse dibangun pada tahun 1891. Di tahun 1960-an, gereja ini dikunjungi oleh ribuan jemaah setiap hari Minggu untuk mengikuti kebaktian. Salah satu jemaah gereja Holy Trinity yang berusia 85 tahun, Tony Franklin mengatakan awalnya hatinya merasa hancur dengan ditutupnya gereja itu pada tahun 2012 karena adanya perubahan demografi wilayah itu dengan berpindahnya penduduk kota itu dan datangnya para imigran yang kebanyakan muslim hingga akhirnya populasinya mencapai 75%.

Selepas ditutup, pihak pengelola gereja mulai kesulitan untuk merawat gereja itu dan memutuskan untuk menjualnya. Proses penjualan gereja yang disebut sebagai salah satu gereja paling indah di dunia itu tidaklah mudah. Banyak tawaran yang datang dengan kepentingannya masing-masing. Akhirnya, masjid tersebut dijual kepada The Northside Learning Center yang berniat mengubah gereja itu menjadi … sebuah masjid.

Walaupun ada beberapa tawaran lain yang lebih menggiurkan bahkan dengan harga yang berlipat-lipat lebih tinggi dari The Northside Learning Center, pihak pengelola gereja bergeming tidak mau menjualnya ke pihak tersebut.

BACA juga :  NASA Berhasil Foto Black Hole Berukuran Sedang! Ini Fotonya!

Alasannya : mereka ingin gereja itu tetap menjadi Rumah Tuhan.

Pengorbanan itu sungguh sangat menyentuh hati, dan dibalas dengan penghormatan yang pantas dari kaum muslim. Pada akhirnya, The Northside Learning Center hanya melakukan perbaikan-perbaikan di bagian yang rusak serta “cuma” menyisihkan beberapa simbol Kristen di gereja itu. Itupun dilakukan setelah mendapat ijin dari pihak Dewan Perlindungan Sejarah Syracuse. Sedangkan dari struktur fisik bangunan nyaris tidak ada yang dirubah. Dari luar, masjid Isa Ibn Maryam masih kelihatan seperti sebuah gereja, hanya puncak-puncak atap yang sebelumnya berhiaskan salib, diubah menjadi kubah-kubah kecil dan lambang bulan sabit.

Umat Muslim di Syracuse menyadari sepenuhnya “dari pada merenovasi bangunan, jauh lebih sulit membangun kerukunan”

Dengan pertimbangan yang matang pula masjid ini kemudian dinamai “Masjid Isa Ibn Maryam” atau “The Mosque of Jesus, Son of Mary”.

Sungguh luar biasa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Putus Nyambung Dimas Gepenk Monic

Download MP3 & Lirik Lagu Putus Nyambung Dimas Gepenk & Monic

Jingle Bells

Download MP3 & Lirik Lagu Jingle Bells Christmas Songs & Carols