Anies Bangun Kampung Akuarium
Kampung Akuarium (sumber: harianindo.com)

Kepemimpinan Ahok Gusur Kampung Akuarium, Anies: Kita Bangun Lagi!

Era kepemimpinan Ahok memang menuai banyak kontroversi, salah satunya adalah penertiban kampung Akuarium, Jakarta Utara. Ahok bahkan dulu sempat meminta Wali Kota Jakarta Utara dan Satpol PP untuk melakukan penertiban di Kampung Akuarium yang akan Anies Baswedan bangun lagi. Memang benar adanya demikian, walaupun Ahok menuai banyak kritik dari warga setempat.

Ahok menggusur Kampung Akuarium pada April 2016 lalu karena kampung Akuarium adalah salah satu kawasan perkampungan yang kumuh di pesisir Jakarta. Penertiban ini dianggap dapat memperbaiki citra Jakarta yang kotor dan kumuh.

Berbeda dengan Ahok, Gubernur Jakarta saat ini, Anies Baswedan malah ingin bangun kembali hunian warga di Kampung Akuarium mulai tahun 2020 mendatang.

“Benar (akan dibangun). Jumlahnya 142 unit dalam bentuk rumah lapis,” kata Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto saat dikonfirmasi, Selasa (8/10) dilansir dari cnnindonesia.com.

Triyanto juga mengatakan bahwa rumah lapis yang akan dibangun di Kampung Akuarium tersebut nantinya akan seluas 27 meter persegi dan terdapat 4 lantai.

“Rumah lapis itu tingginya maksimal empat lantai,” kata Triyanto.

Terkait jumlah unit rumah yang Anies Baswedan bangun di kampung Akuarium, Triyanto mengatakan bahwa akan ada 142 unit dalam bentuk rumah lapis ini. Rumah lapis seperti ini bentuknya mirip seperti rusun (rumah susun) tetapi terbatas hanya untuk empat lantai.

“Jumlahnya 142 unit dalam bentuk rumah lapis,” kata dia.

Anies Bangun Kampung Akuarium
Anies Kunjungi Kampung Akuarium (sumber: kompas.com)

Anies Telah Bangun Shelter

Sebelumnya Anies Baswedan, Gubernur Jakarta telah membangun tiga blok shelter untuk warga Kampung Akuarium. Ketiga shelter tersebut dibangun sejak Januari 2018 dan rampung pada April 2018.

Shelter tersebut memiliki luas 3,5 x 6,5 meter. Dinding-dinding shelter tersebut terbuat dari triplek. Tiang dan atap shelter tersebut dibangun menggunakan baja ringan. Dan ada lapisan bahan penyerap panas dibagian langit-langit rumah untuk menangkal panasnya udara Jakarta.

Anies membangun Ketiga Shelter tersebut karena masih ada warga yang masih bertahan di Kampung Akuarium padahal rumah tinggal mereka sudah diratakan dan tinggal puing-puing.

Anies juga membangun belasan toilet untuk kebutuhan MCK mereka. Terdapat 16 pintu toilet untuk satu blok. Ke-16 toilet tersebut dibagi untuk laki-laki (8 toilet) dan untuk perempuan (8 toilet).

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Download Lagu Dan Lirik Lagu Celengan Rindu- Fiersa Besari

Anies Bangun Warga Kampung Akuarium

Pembangunan Ulang Kampung Akuarium di Era Anies, Ini Reaksi Mencengangkan Warga Setempat!