Kenapa Tanggal 12 November jadi Hari Ayah
Ilustrasi Hari Ayah (sumber: utopiaballito.co.za)

Kenapa Tanggal 12 November Jadi Hari Ayah? Ini Sejarahnya!

Setiap tanggal 12 November tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Hal ini rupanya mengundang reaksi Netizen. Banyak yang mengunggah momen-momen kebersamaan dengan sang Ayah pada hari ini. Tapi, kenapa Tanggal 12 November jadi Hari Ayah?

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ayah adalah sosok yang menjadi kepala keluarga. Karena posisinya ini, Ayah memiliki peran yang penting dalam mengurus dan mengatur keluarga.

Sebagai seorang Ayah yang baik, seorang pria harus berperan sebagai kepala rumah tangga, pemberi nafkah, pelindung, serta penengah yang ada di keluarga. Selain hal-hal tadi, masih ada pula banyak peran penting lainnya yang dimiliki oleh seorang Ayah.

Kembali ke pertanyaan kenapa tanggal 12 November jadi Hari Ayah Nasional. Hal itu lahir dari prakarsa Paguyuban Satu Hati, Lintas Agama dan Budaya yang memiliki nama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada 2014 lalu. PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu Nasional di Solo dengan cara mengadakan Sayembera Menulis Surat untuk Ibu. Acara tersebut rupanya menarik banyak sekali perhatian. Akhirnya didapatkan sekitar 70 surat terbaik. Surat-surat tersebut kemudian dibukukan.

Setelah hal itu ada beberapa surat terbaik dibacakan oleh para peserta yang terdiri dari anak-anak usia SD, SMP, SMA, Mahasiswa serta usia Dewasa. Momen tersebut lebih mengharukan lagi ketika anak-anak yatim piatu melakukan sungkeman pada Ibu-Ibu dari Panti Jompo.

Setelah acara, panitia penyelenggara dibuat kaget karena ada sebuah pertanyaan yang diberikan oleh salah satu peserta. Peserta itu bertanya,

“Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi,” ucap peserta itu dengan bersemangat.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
persija jakarta

VIDEO: Highlights Liga 1 2019, Persija (4) vs Borneo FC (2)!!

Kenapa Tagar #KamiBersamaWilliam Trending

Kenapa Tagar #KamiBersamaWilliam Trending? Siapa Itu William?