Demo PKI (sumber: liputan6.com)

Kenapa PKI Sampai Dilarang di Indonesia? Ini Penjelasan Lengkapnya

Ada yang sudah nonton Film G30S/PKI? Kalau ada yang nonton film versi panjang (sekitar 4 jam lebih) pasti merasa ngeri melihat apa yang terjadi disana. Ya, G30S/PKI memang masih terngiang-nginang bahkan sampai sekarang. Kengerian dan pembunuhan yang sangat keji mungkin masih melekat kuat pada istilah PKI.

Tetapi apa itu PKI? Berdasarkan data dari Wikipedia.org, PKI adalah Partai Komunis Indonesia yang menganut paham-paham sosialis dan Komunisme dengan membentuk pemerintahan Komunis. Nama “Partai Komunis” berasal dari sebuah karya yang berjudul The Communist Manifesto dari Karl Marx dan Friederich Engels yang diterbitkan pada tahun 1850. Konsep Lenin untuk sebuah partai mencakup sistem politik yang lebih besar.

Jika ada yang ingin mengetahui perisitiwa G30S/PKI lebih lengkap, siapa dalang dibalik peristiwa itu dan siapa saja korban dari G30S/PKI, langsung saja klik disini.

PKI di Indonesia

Partai Komunis Indonesia kini telah resmi dilarang keberadaan dan aktivitasnya di Indonesia. Hal itu diresmikan dengan dibuatnya TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI) yang masih berlaku hingga saat ini. Pelarangan tersebut menyangkut segala hal yang masih berkaitan dengan paham komunis yang terlarang.

Melalui film besutan Arifin C Noer yang menceritakan penculikan 7 jenderal di film G30S/PKI, masyarakat seolah-olah menjadi trauma dan menjadikan PKI seperti hantu yang menakutkan. Bahkan mendengar atau menyebut namanya saja sudah terbayang penderitaan yang dialami oleh ketujuh jenderal tersebut sampai mereka semua mati dan dibuang di lubang buaya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Kalahkan Persebaya, Djanur : Hanya Kebetulan

SCTV Tayangkan G30S/PKI, Ini Antusias Netizen