Candi Prambanan Trending
Reruntuhan Candi Prambanan (sumber: twitter.com)

Kenapa Candi Prambanan Trending? Ini Cerita Dibaliknya!

Saat berita ini diturunkan, Candi Prambanan bertengger di puncak Trending Topic Twitter Indonesia. Terpantau ada lebih dari 8 ribu cuitan yang menyertakan Candi Prambanan.

Setelah ditelusuri oleh tim Elipsir Media, ternyata yang menjadikan Candi Prambanan ini Trending adalah sebuah cuitan yang dibuat oleh akun Twitter Mazzini @mazzini_giusepe.

Akun tersebut mencuitkan sebuah jawaban dari cuitan lain yang ditulisnya pada Senin (3/2/2020) kemarin, sekitar pukul 09.58 WIB.

Tak disangka, ternyata balasan dari cuitan itu telah menjadi ramai di jagad Twitter. Sampai berita ini diturunkan sudah ada lebih dari 4 ribu retweet yang diberikan, dan ada lebih dari 8 ribu likes yang disematkan oleh warganet pada cuitan ini.

Cuitan yang dibuat itu ternyata memberikan pengetahuan baru terkait Candi Prambanan. Menurut sebuah legenda yang beredar dan terkenal di masyarakat, Candi Prambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso.

Tetapi, menurut Mazzini, Candi Prambanan dibangun oleh Raja Rakai Pikatan yang tinggal dari kerajaan Mataram Kuno.

Candi Prambanan dibangun pada tahun 850 Masehi. Berbeda dengan yang muncul dengan segala legendanya, Candi Prambanan ternyata dibangun dalam waktu bertahun-tahun.

Dan pembangunan ini ternyata dibuat untuk penghormatan kepada Dewa Siwa.

Akun itu menulis,

“Anjaay Bondowoso menang tender kalau menurut cerita legenda sih gitu. Tapi kalau aslinya candi Prambanan dibangun sama Raja Rakai Pikatan dari Mataram Kuno. Dibangun 850 Masehi dan pengerjaanya bertahun-tahun, gak semaleman. Tujuan dibangun untuk penghormatan ke Dewa Siwa.”

Akun itu juga ternyata membahas mengenai alasan beredarnya sebuah dongeng yang mengatakan bahwa Candi Prambanan berhasil dibangun dalam waktu satu malam.

Menurut Mazzini, hal ini adalah sebuah cara pintas untuk masyarakat sekitar terkait munculnya Candi Prambanan.

Akun itu menulis,

“Penduduk sekitar candi udah tau ada candi ini, tapi karena lama runtuh jadi mereka gak tau latar belakang sejarah pembangunannya. Ahirnya mereka ciptain dongeng lokal yang kaya kita sering denger untuk jelasin asal-mula keberadaan candi Prambanan.”

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Film Pendek

Belajar Film Pendek #6: Menjadi Sutradara

Resmi!! Akibat Virus Corona, Piala Asia Futsal 2020 Ditunda!