Kasihan! Wanita ini jadi Korban Kawin Tangkap di Sumba, Seperti Apa, Sih?

Twitter, Please do Your Magic!

Sebuah cuit oleh akun twitter @RallyTsog kemarin (6/12/2019), menampilkan sebuah video seorang wanita yang tiba-tiba dibawa ramai-ramai oleh sekelompok pria. Wanita tersebut memberontak, tetapi daya dan kekuatan wanita itu kalah “telak” dibandingkan enam pria yang akhirnya menggotongnya dengan paksa.

Dalam cuitnya, Rally Tsog memberi keterangan bahwa kejadian tersebut merupakan salah satu praktik kebudayaan di Sumba hari ini. Orang-orang biasa menyebutnya sebagai kawin tangkap. Seorang perempuan ditangkap dan dibawa oleh beberapa pria dewasa untuk dijadikan istri tanpa persetujuan si perempuan.

Dari keterangan akun tersebut, video itu didapatnya dari grup sosial di Sumba. Dan ia berharap agar wanita tersebut bisa dibantu agar mendapatkan perlakuan sesuai dengan martabat dia sebagai manusia yang punya kebebasan.

Ia juga menyanggah bahwa dirinya mengejek budaya yang ada di Sumba tersebut. Namun dengan cuitan tersebut ia bermaksud agar wanita tetap dihormati pilihannya.

Seorang netizen menyamakan kejadian tersebut dengan “Bride Kidnapping” di Kyrgystan.

Beberapa netizen mempertanyakan benar atau tidaknya kejadian tersebut. Tetapi @RallyTsog menyatakan bahwa kejadian tersebut benar adanya dan dirinya juga asli Sumba. Selama ini ia kesulitan dalam menindaklanjuti hal itu. Karena selama ini ia belum berhasil mendapatkan video dari praktek kawin tangkap ini dan juga sebagian orang menganggap bahwa kawin tangkap itu sesuai adat. Jadi susah untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang.

BACA juga :  Trending YouTube, Ini Makna Dalam Lagu Rhoma Irama Berjudul “Virus Corona"!!

Twitter, Please do Your Magic!

Semoga si perempuan dalam video tersebut mendapatkan kemerdekaan akan hal pilihannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fat Joe & Dre Lord Above

Download MP3 & Lirik Lagu Lord Above Fat Joe & Dre feat Eminem & Mary J. Blige

Monkey Dance Tones & I

Download MP3 & Lirik Lagu Dance Monkey Tones & I