Jusuf Kalla Bertugas

Jusuf Kalla Selesai Bertugas, Ini Hal Pertama yang Dia Lakukan!

Wakil Presiden Republik Indonesia yang ke-12, Jusuf Kalla sudah selesai bertugas. Untuk itu, Jusuf Kalla langsung lakukan hal yang dilakukan semua orang apabila telah selesai bertugas, Pulang Kampung!

JK pulang ke kampungnya, Makassar untuk bertemu keluarga dan sahabat-sahabat disana. Pulangnya Jusuf Kalla ke Kampungnya pertama kali disambut dengan tradisi Makassar Angngaru.

Dikutip dari detikcom JK terpantau bersama sang Istri, Mufidah Jusuf Kalla ketika mereka pulang ke kampung di Jalan Haji Bau, Kota Makassar, Sulawesi Selatan Sabtu (26/10/2019) pagi. Disaat itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah sampai tokoh Sulawesi Selatan, Aksa Mahmud juga ikut mendampingi kedatangan Jusuf Kalla dari Bandara Sulatan Hasanuddin.

Disaat yang bersamaan, Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb bersama sejumlah warga menunggu kedatangan Jusuf Kalla di depan kediaman Jusuf Kalla.

Terpantau ada iring-iringan rombongan Jusuf Kalla yang tiba di kediamannya sekitar pukul 09.20 WIB. JK yang turun dari mobil langsung disambut dengan hangat oleh Warga setempat yang membuat barisan di pinggir jalan.

JK bersama Istri, Mufidah Jusuf Kalla kemudian berhenti untuk menerima sambutan tradisi Angngaru. Angngaru sendiri berarti sumpah atau ikrar yang diucapkan abdi raja atau dari rakyat kepada rajanya.

Traidis Angngaru ini merupakan budaya dari masyarakat suku Makassar. Pada zaman dulu, Prajurit kerajaan Gowa sebelum berangkat perang harus terlebih dahulu mengucapkan sumpah setia (Angngaru) di depan Raja, atau yang pada saat itu mendapat sebutan Sombayya.

Seorang yang melakukan sumpah aru atau sumpah setia (Angngaru) melakukannya dengan berlutut di hadapan raja dan posisi badan tegap. Dia lalu mengucapkan sumpahnya sambil tangan kanan memegang badik.

Eden Pemalang

D.O.P / Travel Filmmaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *