Jalan Jalan ke Penajam Paser Utara, Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia

Joko Widodo melalui konferensi pers di Istana Negara siang tadi pukul 13.00 WIB telah mengumumkan bahwa lokasi Ibu Kota Baru Indonesia berada sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Kutai kartanegara mungkin masih sering kita dengar karena ada salah satu klub sepak bola Indonesia yang berasal dari wilayah ini. Tetapi Kabupaten Penajam Paser Utara adalah nama yang masih cukup asing kita dengarkan.

Karena akan menjadi salah satu wilayah Ibu Kota Baru kita, ayo kita bahas dengan singkat lokasi yang ini.

Kabupaten Penajam Paser Utara

Kabupaten ini berada di Kalimantan Timur bagian tenggara yang langsung berbatasan dengan selat Makassar. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Pasir (sekarang disebut Paser). Dengan luas 3.333,06 km2 dan kepadatan penduduk 57,17 jiwa/km2 jumlah penduduk di daerah ini sesuai dengan sensus pada 2015 adalah 190.536 jiwa.

Kabupaten ini dibagi lagi menjadi 4 kecamatan dan 24 kelurahan. Menjadikan Kabupaten ini masih sangat bisa dikembangkan baik dari segi kepemerintahan maupun sektor kehidupan lainnya. Potensi sangat besar terlihat di lokasi ini.

Kabupaten Muda

Kabupaten Penajam Paser Utara ini bisa dikatakan sebagai salah satu kabupaten yang masih muda secara umur diresmikannya. Diresmikan pada 10 April 2002 menjadikan Kabupaten ini baru berusia 17 tahun.

Benuo Taka

BACA juga :  Bagi yang belum ke Kutai Kartanegara, Yuk Cek Foto-Foto di lokasi Ibu Kota Baru Indonesia ini!

Rupanya wilayah ini memiliki semangat yang luar biasa dalam hal kehidupan berbangsa dan bernegara. Benuo Taka adalah semboyan yang dimiliki dan dipegang teguh oleh daerah ini. Benuo Taka berasal dari bahasa Suku Paser yang berarti Daerah Kita atau Kampung Halaman Kita.

Hal ini berarti walaupun ada beragam Ras, Suku, Bahasa, dan Budaya, semuanya tetap merupakan satu kesatuan dalam ikatan kekeluargaan

No Comments
Post a comment