Pidato Full Sukmawati
Sukmawati Soekarnoputri (sumber: bangsaonline.com)

Ini Pidato Full Sukmawati, yang Dilaporkan Penistaan Agama

Koordinator Belas Islam (Korlabi) akhirnya melaporkan Sukmawati Soekarnoputri ke pihak kepolisian atas dugaan penistaan agama. Sukmawati dilaporkan karena ucapannya yang membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Kita akan lihat Full Pidato Sukmawati soal ini.

“Kami Korlabi mendampingi Ibu Ratih atas nama pribadi/muslimah dengan melaporkan Sukmawati atas dugaan penghinaan kepada Nabi Muhammad dengan apa yang dikatakan oleh Sukmawati, yaitu membandingkan Sukarno dengan Nabi Muhammad,” jelas Sekjen Korlabi Novel Bamukmin dalam keterangannya, Sabtu (16/11/2019) dilansir dari detikcom.

Isi Pidato Sukmawati

Ucapan Sukmawati yang dilaporkan itu terjadi di sebuah acara diskusi dengan tajuk, ‘Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme’. Acara tersebut dilansungkan pada Senin (11/11/2019) kemarin.

Dalam diskusi tersebut, awalnya Sukmawati berbicara soal perjuangan Bangsa Indonesia dalam rangka merebut kemerdekaan RI dari jajahan Belanda pada waktu itu.

Kemudian, Sukmawati memberikan pertanyaan kepada forum.

“Sekarang saya mau tanya semua, yang berjuang di abad 20 itu Yang Mulia Nabi Muhammad apa Ir Sukarno, untuk kemerdekaan? Saya minta jawaban, silakan siapa yang mau jawab berdiri, jawab pertanyaan Ibu ini,”

Saat diberi pertanyaan itu, tidak ada yang berani melontarkan jawaban atas pertanyaan tersebut. Merasa pertanyaan yang diberikan adalah pertanyaan sederhana dan seharusnya dapat dijawab dengan mudah, Sukmawati kemudian mengulang pertanyaan itu.

BACA juga :  Lirik Lagu Aku Rindu Padamu - Kalia Siska feat SKA 86 (Cover Kentrung)

“Di abad 20, yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia itu Nabi Yang Mulia Muhammad atau Ir Sukarno? Tolong jawab, silakan anak-anak muda, saya mau tahu jawabannya, ayo jawab, nggak ada yang berani? Saya mau yang laki-laki, kan radikalis banyaknya laki-laki,” lanjutnya.

Kemudian seorang mahasiswa berdiri dan menjawab pertanyaan Sukmawati. Tetapi jawaban tersebut dipotong oleh Sukmawati.

“Saya Muhammad Takim Maulana, mahasiswa UIN Syarief Hidayatullah Jakarta Selatan. Memang benar pada awal ke 20 yang berjuang itu Ir Sukarno, nah…,” ucapan Takim langsung dipotong Sukmawati.

“Oke, setop. Hanya itu yang Ibu mau tanya,” ucapnya.

Sukmawati kemudian meminta Mahasiswa lain untuk mengutarakan pendapatnya. Kemudian ada seorang Mahasiswa asal Papua yang menjawab, “Soeharto,” yang kemudian situasi di diskusi tersebut menjadi riuh karena suara tawa.

Sukmawati kemudian melanjutkan bahwa sesuatu bisa dibilang wajar apabila kita menghormati para pejuang terdahulu.

“Memangnya kita nggak boleh menghargai, menghormati, orang-orang mulia di awal-awal, pokoknya abad modern? Apakah suri teladan itu hanya Nabi? Ya, oke, nabi-nabi, tapi pelajari perjalanan sejarah, ada revolusi industri. Apakah kita tidak boleh menghargai seperti Thomas Jefferson, Thomas Alva Edison, orang-orang mulia untuk kesejahteraan manusia,” kata Sukmawati.

Itulah Pidato Full Sukmawati yang dianggap menistakan agama. Menurut kalian bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nikahan Lucu

Guru Matematika Nikah, Souvenirnya Bikin Dahi Berkerut

Polisi Dilarang Pamer Kemewahan

Aturan Baru! Polisi Dilarang Pamer Kemewahan Di Sosial Media!