Ini Dia Sejarah Mengapa Indonesia Gunakan Setir Kanan!

0000467021

Pernahkah anda menyadari mengapa setir mobil di berbagai Negara berbeda? Sebut saja sebagian besar negara di Eropa dan Amerika yang letak setirnya di sebelah kiri, kemudian di Inggris dan sebagian besar negara Asia, termasuk Indonesia menggunakan peletakan setir di sebelah kanan.

Selain itu dilansir dair tribunnews.com, sebanyak 25 negara yang menggunaan aturan right driving, sedangkan untuk penggunaan left driving yakni hanya 75 negara saja yang menerapkanya.

Namun apa sih left driving dan right driving, jadi begini.

Left driving yang berarti sistem berkendara dimana pengemudi menggunakan lajur kiri jalan untuk berkendara, hal ini mengharuskan posisi setir atau kemudi berada di sebelah kanan.

Nah untuk right driving sendiri merupakan kebalikan dari left driving diamana sistem dimana pengemudi menggunakan lajur kanan untuk berkendara yang mengharuskan posisi setir atau kemudi berada di sebelah kiri.

Nah, saat ini kita akan membahas salah satu saja yakni mengenai sejarah letak setir di Indonesia yang berada di sebelah kanan.

Asal mula.

Dilansir dari aca.co.id, konsep baku berkemudi ini tentu tidak ditentukan secara asal ya man teman. Ada sejarah dan asal-usul panjang yang ikut menyertainya. Umumnya tata cara mengemudi ini dipengaruhi kuat oleh kebiasaan masyarakat pada zaman dahulu.