Ingat Bupati Indramayu? Kini Resmi Jadi Tersangka!

Bupati Indramayu Tersangka
Basaria Pandjaitan (sumber: liputan6.com)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah resmi menetapkan Bupati Indramayu, Supendi sebagai tersangka dalam kasus suap dengan proyek di Dinas PUPR. Bupati Indramayu yang baru dilantika pada Februari lalu itu diduga menerima suap untuk memuluskan pihak Swasta mengerjakan proyek tersebut.

Wakil Ketua KPK, Basaria Pandjaitan dalam konferensi Pers di kantornya mengatakan bahwa KPK telah menetapkan 4 orang tersangka dalam kasus ini, termasuk Bupati Indramayu, Supendi.

“Sejalan dengan peningkatan status penanganan perkara ke penyidikan, KPK menetapkan 4 orang tersangka,” kata Basaria Selasa (15/10/2019) malam dilansir dari detik.com.

Selain Supendi, ketiga tersangka lain yang telah ditetapkan oleh KPK dalam kasus dengan proyek Dinas PUPR ini adalah Omarsyah (Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu), Wempy Triyono (Kepala Bidang Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu) dan Carsa (Perusahaan Swasta).

Supendi, Omarsyah, serta Wempy diduga menerima jumlah uang yang berbeda beda dari Carsa, pihak swasta yang menyuap ketiga orang tadi. Aliran dana tersebut diduga berkaitan dengan 7 proyek di Dinas PUPR yang nilainya dikisaran Rp 15 Miliar.

KPK menyangkutkan Supendi dan 2 anak buahnya dengan Pasal 12 huruf a atau b, atau pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jucto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Carsa, pihak swasta yang memberikan dana dijerat pasal 5 ayat 1 huruf a atau b, atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Bupati Indramayu Terjaring OTT

Diberitakan sebelumnya bahwa Bupati Indramayu, Supendi pagi tadi mendapat kunjungan KPK. Kunjungan KPK kali ini bukanlah kunjungan biasa, tetapi dalam rangka melakukan Operasi Tangkap Tangan, atau yang biasa disebut dengan singkatan OTT terhadap Bupati Indramayu yang merupakan salah satu kader Golkar itu.

OTT yang dilakukan KPK ini mengamankan delapan orang yang salah satunya adalah Supendi, Bupati Indramayu. Kedelapan orang yang diamankan KPK adalah Bupati itu sendiri, Ajudan Bupati, Pegawai, Rekanan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Indramayu, serta pejabat Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Indramayu.

Baru Dilantik

Supendi sebelumnya adalah wakil Bupati Indramayu sejak 2010. Supendi baru dilantik sebagai Bupati Indramayu pada 7 Februari 2019 kemarin. Supendi naik menggantikan Anna Sophanah yang mengundurkan diri pada 30 Oktober 2018.

Menjelang diangkat sebagai bupati, dirinya menjadi Plt Bupati Indramayu. Akhirnya setelah jeda 6 bulan, Supendi didampingi oleh Taufik HIdayat sebagai wakil Bupati.

Eden Pemalang
D.O.P / Travel Filmmaker