Festival Film Jawa Tengah Pemalang
Sineas Pelajar Pemalang dengan Sinema Pantura (foto: istimewa)

Ikut Festival Film Jawa Tengah, Sineas Pemalang Sukses Boyong Piala!

Salah satu penggiat film di Kabupaten Pemalang, Sineas Pelajar Pemalang telah sukses menempati satu posisi di jajaran pemenang Festival Film Jawa Tengah tahun 2019.

Festival Film Jawa Tengah tahun ini mengangkat tema “the look of ndelok Jateng Gayeng” dilaksanakan mulai 21 September sebagai hari pertama pendaftaran festival.

Setelah sampai ke tanggal 31 Oktober, yaitu batas pengiriman karya, diperoleh sekitar 45 film fiksi pendek yang didaftarkan oleh peserta dari seluruh penjuru Jawa Tengah.

Selain itu, ada pula 17 film Dokumenter Pendek yang difestivalkan dalam Festival Film tahunan ini.

Terkait adanya Festival Film dengan tema yang kedaerahan semacam ini, salah seorang Juri Film Fiksi Pendek, Adrian Jonathan Pasaribu yang adalah seorang Kritikus Film yang tinggal di Jakarta mengatakan bahwa Film Pendek dapat mengangkat nilai budaya di tiap daerah.

“Misalnya nih ngomongin soal cinta, pasti tiap daerah punya cara mereka sendiri dong untuk ngungkapin cinta. Mungkin di wilayah Solo begini, di pantura begini,” ucap Jonathan ketika memberikan sambutannya sebelum pembacaan Pemenang Festival Film Jawa Tengah di Gedung Oudetrap, Senin (25/11/2019) malam dikutip oleh Tim Elipsir Media.

Setelah melalui penyaringan yang panjang dan ketat, akhirnya diperoleh 6 nomine untuk Film Fiksi Pendek dan Film Dokumenter Pendek yang nantinya akan dipilih tiga yang terbaik.

Ke-6 nominasi untuk Film Fiksi Pendek diraih oleh Andini (2019), Kepungkur (2019), Pitik (2019), Gemblung (2019), Pulau Kodok (2019), serta Lilo (2019).

Sedangkan 6 nominasi lainnya untuk kategori Film Dokumenter Pendek dimiliki oleh Wido (2019), Mahardikeng Tyas Mring Kamardikan (2019), Para Pengawal Kebudayaan (2019), Queen of Highway (2019), Kremun Merumpun (2019), serta Anugerah (2019).

Sineas Pemalang Boyong Piala

Sineas Pelajar Pemalang melalui film yang ikut difestivalkan, Gemblung, dapat menempati tiga terbaik dalam festival film tahun ini dalam kategori Film Fiksi Pendek terbaik dalam Festival Film Jawa Tengah tahun ini.

Bersama dengan Gemblung ada pula Pulau Kodok dan Lilo yang masuk ke tiga Film Fiksi Pendek Terbaik yang masuk dalam Festival Film tahun ini.

Pulau Kodok adalah Film Fiksi Pendek yang diproduksi oleh Sinema Pantura. Sedangkan Lilo adalah Film Fiksi Pendek yang diproduksi oleh Grass Movie.

Nana Sri Marheni, Sutradara Film Pendek Gemblung mengatakan bahwa dirinya tidak mengira dapat masuk ke daftar nominasi bahkan menjadi salah satu pemenang. Tetapi hal ini, menurutnya, akan meningkatkan keinginan untuk berkarya.

“Rasanya kaya mimpi. Tapi ini jadi tanda, supaya lebih semangat lagi,” pungkasnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Djajang Nurjaman

Berita Liga 1 2019: Djanur Beri Resep Usai Tahan Imbang Persib!!

Rahmad Darmawan

Jadwal Liga 1 2019: Hadapi Kalteng Putera, RD Soroti Pemain Ini!!