Ikan Muncul Permukaan
Oarfish (sumber: tribunnews.com)

Ikan Besar ini Muncul Ke Permukaan! Pertanda Apakah Ini?

Seekor Ikan Besar muncul ke permukaan dan menggegerkan banyak orang. Pasalnya ikan tersebut sering kali dikaitkan dengan pertanda akan munculnya gempa besar dan tsunami.

Alasan munculnya pemikiran semacam ini bukanlah tanpa alasan. Ikan tersebut adalah Oarfish yang hidup di lautan dalam.

Penangkapan ikan ini menjadi heboh di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Selain foto-foto yang beredar semacam ini, ada beberapa pertanyaan yang muncul.

Mulai dari pertanyaan yang penuh teori konspirasi sampai pertanyaan seperti, mengapa ikan tersebut bisa muncul ke permukaan banyak ditanyakan oleh Warganet.

Akhirnya nelayan yang melakukan penagnakapan itu, Haerul angkat bicara. Warga Turungan Beru, Keamatan Herlang, Bulukumba itu akhirnya menceritakan penangkapan Oarfish dengan panjang empat meter itu.

Haerul menjelasakan bahwa dirinya berada dengan tujuh rekannya di tengah laut lepas untuk mencari ikan di sekitar pelabuhan Pamatata, Selayar.

Di hari terakhir ekspedisi mereka pada Minggu (8/12/2019) siang, kapal Anugerah Indah yang ditunggangi mereka dihampiri oleh ikan yang viral ini.

“(Oarfish-ditemukan) di bagian timur Selayar, sekitar 7-8 mil dari Pelabuhan Pamatata,” kata Haerul, Selasa (10/12/2019) dilansir dari detikcom.

Oarfish dengan Tsunami

Isu yang muncul ini datang dari masyarakat Jepang. Mereka mengaitkan antara Oarfish dengan bencana. Berdasarkan sebuah legenda yang beredar di Jepang, Ikan Oarfish apabila muncul ke permukaan, berarti ada pesan yang dikirimkan dari dasar laut.

Atas dasar pemikiran itu, kemudian masyarakat Jepang meyakini bahwa Oarfish yang memiliki perilaku yang tak lazim menjadi pertanda akan munculnya sebuah gempa yang kuat.

Tetapi, sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang dapat mendukung atau menolak kepercayaan yang sudah dipercayai turun temurun itu.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Persija Jakarta

Raih Dua Kali Minor, Persija Kini Bersiap Hadapi MU!!

Seto Nurdiyantoro

Berita Liga 1 2019: Away Ke Markas Persela, Seto Bawa Misi Khusus!!