VAR

Horee!! PSSI Sepakat Gunakan VAR Di Liga 1 Mulai 2021

Jakarta- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana akan menggunakan teknologi Video Assisten Referee (VAR) untuk digunakan di Liga Indonesia atau yang sekarang bernama Liga 1.

Penggunaan VAR ini direncanakan akan mulai beroperasi pada kompetisi Liga 1 musim 2021 mendatang. Kabar tersebut pun disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mocahmad Iriawan atau yang sering disapa Iwan Bule.

Hal itu disampaikanya usai rapat Komite Eksekutif (Exco) yang dilaksanakan pada Selasa (5/11/19) kemarin. Dirinya juga menyatakan bahwa persiapan penggunaan teknologi modern ini harus diimbangi dengan SDM yang memadai.

“VAR jadi bahasan penting karena publik ‘kan bertanya-tanya. Kalau mempersiapkan alatnya itu enggak terlalu susah. Paling penting kita siapkan dulu wasitnya,” ucap Iwan Bule, dikutip dari kumparan.com.

Dengan ini, pria kelahiran 1962 tersebut akan berupaya untuk menyiapkan wasit-wasit yang nantinya akan bertugas menggunakan teknologi VAR ini.

“Nah, mulai awal tahun depan hingga akhir tahun akan ada pelatihan bagi wasit-wasit. Road map-nya, 2021 sudah pakai VAR-lah kita,” sambungnya.

Dalam penggunaanya, VAR dianggap sangat penting digunakan di Indonesia khususnya di Liga 1. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan akurasi wasit dalam mengambil keputusan sehingga nantinya Liga dinilai bisa semakin kompetitif.

Selain itu, usaha ini bermaksud untuk meminimalisir adanya perjudian dalam Liga 1 yang sering dianggap mengatur poin di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia ini.

Sebelumnya, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)telah merancang untuk menggunakan teknologi ini sejak 25 Juli 2019 yang lalu. Dimana kala itu, Sekjen PSSI, Ratu Tisha mengunjungi Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk mengobservasi penggunaan VAR di Thai League 1.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *