Hati-Hati Penyadapan Smartphone! Pastikan Smartphone Anda Aman dari SmartphoneLogs!

phone hacker

Dunia sekarang ini sedang dipenuhi dengan berbagai kemajuan teknologi yang begitu pesat dari waktu ke waktu. Tak terkecuali dalam industri telepon pintar atau Smartphone. Smartphone semakin kesini semakin menunjukkan kemajuan. Hampir setiap brand ternama seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo, hingga Lenovo berlomba-lomba menciptakan teknologi paling mutakhir.

Tetapi dibalik kemajuan Smartphone tersebut, ternyata ada bahaya yang mengancam dibelakangnya. Bahaya ini adalah penyadapan yang dengan sangat mudah didapatkan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Mari kita bahas bersama.

SmartphoneLogs

SmartphoneLogs adalah sebuah aplikasi berbasis auto-backup yang dari namanya kita tahu bahwa tugasnya adalah mencadangkan secara otomatis semua yang ada di Smartphone kita. Hal ini juga termasuk file-file, kontak, pesan yang masuk, lokasi terkini smartphone hingga notifikasi yang muncul di Smartphone kita.

Pada dasarnya kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk berbagai kegunaan yang sangat positif. Dengan bantuan aplikasi ini, para orang tua dapat memantau apapun yang terinstall dan yang dilakukan oleh anak-anak mereka. Setiap kegiatan yang terjadi di Smartphone tersebut akan muncul di Internet.

sign poster logo trademark text electronics phone

Ilustrasi Pembajakan Smartphone (sumber: technopedia.com)

Cara Kerja SmartphoneLogs

SmartphoneLogs bekerja dengan memantau setiap pergerakan dan aktivitas baik aktif maupun pasif dari Smartphone yang dituju. Dengan hal ini, berarti kita harus menginstal aplikasi SmartphoneLogs di Smartphone yang ingin dibackup secara otomatis pergerakan dan aktivitasnya.

BACA juga :  Yuk Raba-Raba Spesifikasi Samsung Galaxy A10s!

SmartphoneLogs akan meminta akses di Device Administrators. Dilansir dari android-indonesia.com, Device Administrators adalah fitur yang pertama kali diperkenalkan oleh Google sejak Android Froyo 2.2 diluncurkan secara resmi. Fitur ini memberikan hak kepada aplikasi untuk mengendalikan perangkat hingga level sistem seperti penghapusan data jarak jauh atau penggantian password.

SmartphoneLogs juga akan meminta akses untuk mengetahui notifikasi (Notification Access) agar bisa membackup data dari notifikasi yang muncul di Smartphone yang dituju.

Penggunaan Yang Sebenarnya

Seperti yang diberitahukan sebelumnya, penggunaan aplikasi SmartphoneLogs ini sebenarnya ditujukan pada mereka-mereka yang perlu memantau dengan rajin setiap kegiatan yang ada di Smartphone seseorang. Misalnya untuk orang tua yang memberikan Smartphone kepada anak-anaknya, dan orang tua menginginkan kontrol penuh terhadap apapun yang dilakukan sang anak.

Atau seseorang yang menginginkan keamanan tingkat tinggi terhadap Smartphone yang dimilikinya. Sehingga ketika Smartphone tersebut hilang, maka dapat ditemukan dengan mudah melalui aplikasi SmartphoneLogs ini. Selain itu, lokasi Smartphone juga dapat dilacak dengan menggunakan aplikasi ini.

Sebenarnya ada banyak kegunaan dan fungsi dengan dibuatnya aplikasi ini. Ditambah ini adalah aplikasi berbayar, sehingga pengembangannya tentu akan semakin pesat dan terus maju ketimbang aplikasi yang hanya mengandalkan iklan di Smartphone.

hacking phone

Ilustrasi Pembajakan Smartphone (sumber: fossbytes.com)

Penyelewengan Aplikasi SmartphoneLogs

Sayangnya aplikasi ini disalahgunakan oleh banyak orang karena kemudahan yang ditawarkan dalam memberi informasi jarak jauh. Banyak pihak yang menggunakan aplikasi ini untuk membajak atau menyadap Smartphone milik orang lain yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Selain kemudahan penggunaan yang ditawarkan, penyadap dapat menggunakan perangkat apapun untuk menangkap sang pengguna. Hal itu disebabkan oleh pengguna SmartphoneLogs dapat menggunakan browser di PC untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut.

BACA juga :  OnePlus 7 & 7 Pro Siap Update ke Android 10 OxygenOS

Ditambah lagi dengan aplikasi SmartphoneLogs tidak muncul di App Drawer, atau daftar aplikasi di Smartphone korban. Sehingga jika sang korban bukanlah orang yang paham dengan teknologi Smartphone, dapat sangat mudah untuk dilakukan pembajakan.

Cara Menghindari SmartphoneLogs

Jika ada diantara kalian yang merasa khawatir dengan Smartphone yang kalian miliki ternyata tertanam aplikasi SmatphoneLogs, lakukan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pergi ke Settings / Pengaturan Smartphone
  2. Temukan Privacy / Privasi
  3. Masuk ke Device Administrators
  4. Temukan “Phone Backup” dan klik “Deactivate” atau “Matikan”
  5. Pergi ke Pengaturan Aplikasi
  6. Temukan “Phone Backup
  7. UninstallPhone Backup

Maka penting bagi kita untuk selalu mengecek secara berkala apa saja aplikasi yang sudah terintal di Smartphone milik kita. Dan selalu cek Device Administrators sehingga resiko pembajakan seperti ini dapat dihindari.

hacked iphone

Ilustrasi Pembajakan Smartphone (sumber: vpnservices.review)

Tetapi terkecuali untuk kalian yang ditanamkan aplikasi ini oleh orang yang bertanggung jawab atas kalian. Mereka melakukan hal itu untuk melindungi kalian dari bahaya yang mengancam, jadi jangan lakukan hal tadi. Karena aplikasi ini juga dapat membantu kita ketika kita sedang berada di daerah yang tidak kita kenali, atau jika sewaktu-waktu kita mengalami kehilangan Smartphone

Tetapi jika ada yang secara tidak bertanggung jawab menginstal aplikasi SmartphonLogs, segera hapus! Karena privasi kalian sangat dipertaruhkan.

BACA juga :  Review, Spesifikasi, dan Harga Huawei Mate 30 Pro, Smartphone Gila Spek!

Post a comment