Dukung Hari Kesehatan Mental Dunia dengan Lakukan Beberapa Langkah Ini!

Hari Kesehatan Mental Dunia
Hari Kesehatan Mental Dunia (sumber: lundbeck.com)
ilustrasi curhat
Hari Kesehatan Mental Dunia (sumber: tribunnews.com)

Ikulah Andil

Seperti dikatakan sebelumnya, kita semua bisa turut ambil bagian untuk melakukan apa yang WHO ingin kita semua orang lakukan. Hal itu bisa kita mulai dari ranah yang sempit sampai ke jaringan yang sangat-sangat luas.

Salah satu contoh sederhana yang bisa dilakukan adalah mengajak bicara para penderita gangguan mental. Mereka yang menderita gangguan mental biasanya tidak nyaman untuk mengutarakan pendapatnya akan suatu hal, terutama apa yang dia rasakan. Maka kita perlu untuk berinisiatif agar para penderita bisa bercerita dengan leluasa kepada kita.

Jika kalian adalah salah seorang pemegang kekuasaan di sebuah usaha, kalian juga bisa melakukan hal yang sama. Kirimkan pesan kepada karyawan atau mereka yang bekerja untuk dan bersama kalian bahwa mereka perlu bekerja dengan bahagia. Ingatkan mereka untuk memiliki kadar stress yang wajar dan normal, jangan terlalu berlebihan. Gunakan fasilitas yang ada untuk dapat mengurangi kadar stress agar dapat bekerja dengan maksimal.

Apabila kamu yang sedang membaca tulisan ini sedang berjuang keras untuk melawan keinginan bunuh diri karena apa yang kamu pikir atau khawatirkan, jangan kecil hati. Akan selalu ada orang baik diluar sana yang rela membantumu dengan sepenuh hati. Ingatlah bahwa dunia ini indah apabila kita bisa menikmatinya dengan sepatutnya.

Bagikan pengalaman kalian menyukseskan Hari Kesehatan Mental Sedunia ini di sosial media milik kalian sendiri. Sertakan tagar #40Seconds dan #WorldMentalHealthDay. Dunia butuh kontribusi kalian!

Eden Pemalang
D.O.P / Travel Filmmaker