Hari Kesehatan Mental Dunia
Hari Kesehatan Mental Dunia (sumber: lundbeck.com)

Dukung Hari Kesehatan Mental Dunia dengan Lakukan Beberapa Langkah Ini!

Mungkin tidak terlalu banyak yang tahu bahwa ada suatu hari yang ditetapkan sebaai hari kesehatan mental (atau kejiwaan) dunia yang diperingati setiap tahunnya. Hari besar itu jatuh pada 10 Oktober setiap tahunnya, yang tahun ini jatuh pada hari Kamis (10/10/2019). Apa sebenarnya Hari Kesehatan Mental Dunia ini?

Perlu diketahi sebelumnya bahwa Hari besar medis ini digaungkan oleh salah satu cabang Organisasi Internasional PBB di bidang kesehatan. Penggagas hari kesehatan mental sedunia ini adalah WHO atau World Health Organization.

Melalui hal ini WHO ingin memberikan kesadaran kepada seluruh masyarakat bahwa persoalan masyarakat masih perlu didalami dan ditangani dengan lebih serius lagi. Tak terkecuali di bidang kesehatan mental yang cenderung belum mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat maupun pemerintah.

40 Second of Action

Di peringatan hari kesehatan mental dunia tahun 2019 ini, WHO mengajak semua orang untuk memberikan kontribusinya dalam mengarasi permasalaahan kesehatan mental. WHO menyebut ajakan ini dengan nama “40 Second of Action”

Dikutip dari laman resmi WHO, setiap orang mendapatkan peran yang sama untuk dapat berkontribusi dalam mencegah terjadinya bunuhh diri karena penyakit mental yang diderita seseorang. Gerakan ini diberi nama “40 Second of Action” karena menurut sebuah survey, setiap 40 detik ada satu orang yang meninggal karena bunuh diri akibat penderitaan mental yang mereka alami.

Melalui hari kesehatan mental dunia, kita juga diingatkan bahwa keputusan untuk mengakhiri hidup dengan jalan pintas seperti bunuh diri dapat terjadi oleh siapapun dan kapanpun. Hal itu tidak mengenal latar belakang usia, sosial, maupun ekonomi.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
indonesia vs uni emirat arab

Jelang Laga Timnas Indonesia vs UEA: Simon Nyatakan Sudah Siap!!

10 Oktober Adalah Hari Anti Hukuman Mati Sedunia

10 Oktober adalah Hari Anti Hukuman Mati Seduia, Kamu Mau Ikut?