Dukcapil Kemendagri KTP
Ilustrasi KTP (sumber: indonesia.go.id)

Dukcapil Disediakan “ATM” oleh Kemendagri, Cetak KTP 2 Menit!

Kementerian Dalam Negeri atau yang biasa disingkat menjadi Kemendagri meluncurkan sebuah mesin yang diberi nama Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Pada dasarnya ini adalah sebuah alat mirip ATM yang diberikan oleh kemendagri untuk Dukcapil guna mencetak KTP.

Ditjen Dukcapil Kemendagri menjelaskan selain ADM bisa digunakan untuk mencetak KTP, ADM juga bisa digunakan untuk mencetak kartu keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), hingga Akta Lahir dan Akta Mati.

“Inovasi ini dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis, dan berstandar sama tanpa diskriminasi. Melalui ADM, kita bisa mencetak sendiri KTP-el, KIA, akta lahir, kartu keluarga, akta mati,” ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/11/2019) dilansir dari detikcom.

Zudan juga memastikan bahwa sistem ADM bekerja dengan pengamanan NIK, PIN, dan QR Code.

Berdasarkan penargetan yang dibuat oleh Kemendagri, alat mirip ATM yang diberikan kepada Dukcapil ini diaplikasikan di berbagai daerah mulai tahun ini dan akan dimasukkan ke dalam e-katalog pengadaan barang.

“Sejauh ini daerah sudah banyak yang mau beli. Saya yakin kepala daerah yang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pasti butuh,” ujar Zudan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Polisi Dilarang Pamer Kemewahan

Aturan Baru! Polisi Dilarang Pamer Kemewahan Di Sosial Media!

Bayi Ajaib Sumedang

Viral! Ibu Ini Tiap Bulan Menstruasi, Tiba-tiba Melahirkan! Ini Cerita Sebenarnya