Donald Trump Menyebutnya Sebagai Aib Bagi Kota London. Sadiq Khan!

Sadiq Khan

London, Inggris – Sadiq Khan, sekilas kamu akan menghubungkannya dengan seorang muslim India atau orang India atau sultan-sultan dalam sejarah India.

Sadiq Khan adalah walikota London saat ini. Beberapa hari terakhir, media massa diramaikan dengan perang ujaran, kata-mengkatai, serangan-serangan verbal antara Donald Trump dan Sadiq Khan melalui lini masa twitter.

 

Back to Khan!

Saat Partai Buruh mencalonkan Sadiq Khan sebagai walikota London, dia bukanlah favorit.

Anak seorang sopir bus.

Memang Sadiq adalah anak seorang sopir bus imigran Pakistan. Frase “anak seorang sopir bus” menjadi kalimat yang paling sering ia ucapkan di selebaran, pidato dan dengan becanda, Sadiq mengungkapkan bahwa Daily Mirror diberikan wawancara eksklusif tentang latar belakangnya.

Khan kecil tinggal bersama orang tua dan delapan saudaranya di rumah dengan tiga-tempat tidur di wilayah Earlsfield, London. Di usia 15-an tahun dia mulai mengenal dunia politik dan bergabung dengan partai Buruh. Kepala sekolahnya, Naz Bokhari, kepala SMP muslim pertama di Inggris menyadarkan dirinya bahwa warna kulit dan latar belakang tidak menjadi halangan untuk menggapai mimpi.

Khan Kecil

Selepas SMA, Khan mengambil jurusan Hukum di Universitas London Utara dan mulai magang sebagai pengacara hak asasi manusia di Louise Christian pada tahun 1994. Di tahun itu pula ia menikahi Saadiya Ahmed yang secara menakjubkan juga “anak seorang sopir bus”.

BACA juga :  Sepeda ini Kena Razia Polisi! Sepeda yang Mana?

Sadiq dan istrinya

Tiga tahun kemudian ia berhasil menjadi partner kuat bagi Louise Christian yang akhirnya berubah nama menjadi Christian Khan.

Selama itu ia berhasil memenangi berbagai macam kasus besar seperti : memenangkan kompensasi untuk Kenneth Hsu, seorang penata rambut korban salah tangkap polisi, kasus-kasus Rasialisme, korupsi dan lain-lain di Inggris.

Tahun 2005, Khan berhasil menjadi anggota dewan.

No Comments
Post a comment