in

Ditagih Janjinya Soal Perppu, Ini Tanggapan Jokowi

Perppu Jokowi
Presiden Joko Widodo (sumber: detik.com)

Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) yang dianggap melemahkan KPK sudah disahkan dan akan secara otomatis terbit esok hari. Karena dianggap melemahkan KPK, Jokowi didesak untuk membuat Perppu untuk membatalkan UU KPK tersebut. Tetapi ketika Presiden Jokowi ditanyai soal hal itu, dirinya hanya diam sambil tersenyum.

Pembicaraan itu terjadi di Istana Merdeka, Jl. Medan Merdeka Utara Rabu (16/10/2019) pagi. Tanya jawab dengan Presiden itu juga dihadiri oleh wakil ketua MPR Ahmad Basarah, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Ketika Jokowi ditanya oleh awak media soal permintaan rakyat untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), Jokowi hanya diam sambil tersenyum. Ditengah keheningan itu, Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah langsung memotong dan berkata soal pelantikan Jokowi yang akan dilaksanakan 20 Oktober mendatang.

“Tanya soal pelantikan dong.” Kata Basarah, Rabu (16/10/2019) dikutip dari detik.com.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo juga memberikan gestur melampaikan tangan kepada para awak media yang hadir disitu. Akhirnya sesi tanya jawab soal Perppu beralih ke topik yang lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) adalah peraturan Perundang-Undangan yang ditetapkan oleh Presiden dalam kondisi genting dan kondisi yang bersifat memaksa.

UU KPK akan secara otomatis berlaku pada Kamis (17/10/2019) mendatang. Masyarakat tidak menyetujui diberlakukannya Undang-Undang KPK ini karena dinilai akan melemahkan KPK.

Akhirnya masyarakat membuat desakan kepada Presiden Joko Widodo untuk menerbitkan Perppu KPK. Hal ini sudah secara masif dilakukan melalui sejumlah demo yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa baik di daerah-daerah maupun di Ibu Kota, Jakarta.

Jokowi sempat memberikan janji untuk menerbitkan Perppu KPK kepada masyarakat. Tetapi sampai saat ini belum ada perkembangan terbaru terkait janji Presiden tersebut. Jokowi juga belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait janji yang sudah pernah ia buat sebelumnya.

Report

Written by Eden Pemalang

D.O.P / Travel Filmmaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Bupati Indramayu Tersangka

Ingat Bupati Indramayu? Kini Resmi Jadi Tersangka!

KPK OTT Wali Kota Medan

Kemarin Indramayu, Hari Ini KPK OTT Wali Kota Medan