Deretan Profesi Yang Hilang Karena Teknologi!

Deretan Profesi Yang Hilang Karena Teknologi!

Kehadiran teknologi  memang membawa keuntungan sekaligus kekurangan. Apalagi kini kita memasuki era 4.0, yang mana setiap orang dituntut untuk lebih efektif dan efisien dalam menjalani profesi atau pekerjaan Nya.

Teknologi yang menjadi bagian terbesar dalam hidup manusia, semakin hari semakin berkembang pesat. Dampaknya, banyak aktivitas atau pekerjaan yang dimudahkan dengan kehadirannya.

Meskipun begitu, perkembangan teknologi ini tak serta-merta hanya memberikan dampak positif saja. Ada dampak negatif yang timbul dari pesatnya perkembangan teknologi ini. Salah satunya ialah pekerjaan. Bukan menjadi isu baru bila ada sebuah pernyataan bahwa nantinya, banyak pekerjaan manusia yang terganti dengan canggihnya teknologi.

Dan benar saja, kini tanpa disadari banyak pekerjaan yang dahulunya dilakoni oleh manusia, terganti dengan canggihnya teknologi.

Lalu apa saja deretan profesi yang hilang karena teknologi? Tim Elipsir Media telah merangkum itu semua:

  1. Loper Koran

Deretan Profesi Yang Hilang Karena Teknologi!

Dilansir dari akun Instagram @wartaekonomi, profesi yang hilang tergerus zaman Yang pertama adalah Loper koran atau seseorang yang pekerjaanya ialah mengantar koran atau surat kabar ke rumah pelanggan. Namun berkat kemajuan teknologi, orang kini hanya perlu mengklik dengan satu jari untuk membaca berita yang diinginkan di situs media.

Saat ini profesi loper koran pun yang biasa mengantarkan koran maupun majalah dari luar pagar pun kini lenyap dimakan zaman.

  1. Operator Warnet
BACA juga :  Kenapa Hujan Dikatikan dengan Rindu dan Galau? Ini Nih Jawabannya!

Deretan Profesi Yang Hilang Karena Teknologi!

Seperti halnya Loper Koran, kini operator keberadaanya pun semakin berkurang. Hal ini lantaran bisnis warnet di Indonesia mulai meredup karena saat ini masyarakat Indonesia semakin mudah dalam mengakses internet. Redupnya bisnis warnet, akhirnya membuat para operator warnet pun kehilangan pekerjaanya.

  1. Travel Agent

Deretan Profesi Yang Hilang Karena Teknologi!

Profesi atau jenis usaha ini juga sudah mulai ditinggalkan di Indonesia karena menjamurnya aplikasi penyedia layanan pemesanan tiket dan hotel yang menawarkan berbagai macam kemudahan bagi pelanngganya.

  1. Operator Telepon

Deretan Profesi Yang Hilang Karena Teknologi!

Profesi ini menjadi salah satu pekerjaan yang juga terkena dampak perkembangan teknologi. Dulu, sebelum ponsel hadir, para operator telepon ini akan menghubungkan si penelepon dengan orang yang kita hubungi.

Namun, sejak ponsel hadir dan orang bisa dengan mudah berkomunikasi, pekerjaan ini pun semakin menghilang. Walaupun begitu, operator telepon masih dibutuhkan di perkantoran besar yang menerapkan sistem ekstension untuk telepon di meja karyawannya.

Operator telepon juga masih ada di beberapa sektor penting seperti kepolisian, pemadam kebakaran dan lain sebagainya.

  1. Penjaga Pintu Tol

Deretan Profesi Yang Hilang Karena Teknologi!

Yang terakhir ada penjaga pintu Tol, saat ini sebagian besar jalan tol di Indonesia telah menerapkan gerbang tol otomatis (GTO) dengan pembayaran menggunakan e-Toll card pada 2017 lalu. Dengan adanya sistem ini, para pengendara cukup menempelkan kartu untuk  melakukan pembayaran, sehingga kini telah jarang ditemui para penjaga pintu tol seperti dahulu.

BACA juga :  Awaas.. Ini Kebiasaan Tidur Yang Bikin Kamu Jerawatan! No 2 Sepele…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *