in

Demo di Hari Sumpah Pemuda Besok, Ini Fakta-Faktanya!

Demo Mahasiswa Sumpah Pemuda
Demo Mahasiswa (sumber: kumparan.com)

Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi akan mengikuti Demo yang akan dilaksanakan pada hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019 besok. Untuk itu, berikut ini fakta-fakta demo yang akan dilaksanakan besok.

Tuntutan Demo

Fakta yang pertama datang dari tuntutan demo. Demo Mahasiswa yang akan dilaksanakan besok akan membawa satu tuntutan yang utama. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI), Manik Magamahendra mengatakan bahwa tuntutan dari dilaksanakannya Demo esok hari yang bertepatan di hari Sumpah Pemuda adalah penerbitan Perppu yang mencabut UU KPK.

Perppu adalah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang yang dapat diterbitkan oleh Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Mahasiswa yang berdemo besok juga meminta untuk pemerintah bertanggung jawab soal korban meninggalnya beberapa demonstran di aksi demonstrasi yang dilakukan pada 23 hingga 30 September lalu.

Dalam tuntutannya itu, Manik juga menjelaskan bahwa mahasiswa meminta pemerintah membentuk tim khusus yang mendalami kasus ini hingga mendetail.

“Dan segera dibentuk tim independen yang bisa menyelesaikan dan menemukan fakta-fakta terkait masalah itu (demonstrasi yang merenggut korban jiwa),” kata Manik dilansir dari detikcom.

Ada Yang Tidak Ikut

Pada demonstrasi ini, ada beberapa yang tidak mengikuti aksi demonstrasi. Salah satu universitas yang tidak akan mengirimkan mahasiswanya untuk demonstrasi adalah Universitas Trisakti. Untuk hal ini, Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti, Dheatantra Dimas menjelaskan bahwa pihaknya akan menggelar dialog di dalam kampus.

“Besok kami ingin menggelar dialog di dalam kampus tentang dorongan agar Perppu UU KPK terbit, juga membahas soal RUU yang bermasalah, dan tentang Sumpah Pemuda. Kami juga akan berdiskusi dengan teman-teman Universitas Halu Oleo dari Kendari yang akan datang ke Trisakti. Mereka akan menceritakan insiden demonstrasi yang merenggut dua korban jiwa di Kendari,” tutur Dimas, memberikan keterangan secara terpisah.

Demo Mahasiswa Besok

Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi yang bertempat di sekitar Jakarta merencanakan akan menggelar demo (demonstrasi) di peringatan hari sumpah pemuda yang jatuh pada hari Senin (28/10/2019) besok.

Mereka akan kembali membawa tuntutan yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang akan mencabut UU KPK.

Report

Written by Eden Pemalang

D.O.P / Travel Filmmaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Pasukan Demo

Isu Demo di Hari Sumpah Pemuda, Ini Klarifikasi Dewan Mahasiswa!

Pelatih Bali United Komentari Laga Persib Bandung vs Persija Jakarta