Corona Diprediksi Cakup 8 Ribu Kasus, Ilmuwan: Kalau Nggak Disiplin, Bisa Lebih!

Jakarta, ELIPSIR MEDIA – Tim Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi Institut Teknologi Bandung (PPMS ITB) membuat prediksi bahwa wabah Virus Corona COVID-19 akan menembus angka 8 ribu kasus.

Dengan angka demikian besarnya, itu berarti keadaan serupa sempat terjadi di Korea Selatan. Hal ini diprediksi akan terjadi beberapa waktu kedepan.

Tetapi, PPMS ITB juga mewanti-wanti bahwa hal itu bisa saja membengkak berkali-kali lipat, apabila penanganan yang dilakukan tidak sekuat Korea Selatan.

Penangann ini adalah hal yang kompleks karena harus datang dari sisi kesadaran masyarakat dan kebutuhan fasilitas untuk para penderita virus yang telah menjangkit 179.111 orang di seluruh dunia.

”Uraian metodologi dan perhitungan didasari dari riset data dan Simulasi Covid-19 dengan pendekatan model matematika,” tulis tim PPMS ITB, dilihat tim Elipsir Media, Kamis (19/3/2020).

“Sebarnya prediksi ini telah dipublikasikan portal E-Prints ITB, sejak Minggu (15/3),” lanjut tulisan tersebut.

Tim PPMS ITB juga turut menegaskan bahwa pendekatan dengan model seperti ini masih terhitung sangat sederhana dan belum mencapai titik kesempurnaan.

Kendati demikian, pada dasarnya setiap model yang ada telah menunjuk ke pesan yang sama.

“Kami tidak tahu jumlah kasus yang sebenarnya, tetapi yang jelas kasus yang terjadi jauh lebih tinggi daripada yang dilaporkan,” lanjut rilis yang disampaikan.

Eden Pemalang

D.O.P / Travel Filmmaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *