APBD DKI Jakarta
APBD DKI Jakarta

CEK & Ricek! Inilah Tahapan Penyusunan APBD Jakarta Tahun 2020

Simpang siur tentang Anggaran DKI Jakarta masih saja menyisakan tanda tanya besar. Tentang bagaimana cara anggaran disusun, tentang siapa saja yang terlibat dan tentang banyak hal lainnya.

Anggota DPRD DKI dari fraksi PDIP, Ima Mahdiah bermurah hati membagikan “bocoran” tahapan-tahapan anggaran tersebut disusun mulai dari Rencana hingga ditetapkan melalui akun twitter resminya

Inilah gambaran besarnya :

 

Proses Penyusunan APBD
Proses Penyusunan APBD

1. Tahap pertama : Proses perencanaan yang dimulai dari Oktober 2018 hingga Juni 2019. Penyusunan dimulai dengan Menyerap Aspirasi dari tingkat RW hingga Provinsi. Aspirasi Masyarakat menjadi acuan Pemprov untuk menyusun RKPD.

Dari Rembuk RW ini, kemudian naik ke tingkat MUSRENBANG (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi) dan Forum SKPD dan UKPD

Disinilah proses penyerapan aspirasi dari masyarakat diserap oleh Pemerintah, karena pada akhirnya kualitas anggaran harus bisa menjawab kebutuhan dari masyarakat di tingkat yang paling bawah.

Kemudian dari Musrenbang naik ke Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2020.

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) adalah Dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 (Satu) tahun. RKPD ditetapkan dengan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) sebagai dasar penyusunan KUA-PPAS dan RAPBD.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Hasil Laga Persipura vs Madura United (2-0): Liga 1 2019 Pekan ke-26

Jacksen F Tiago

Hasil Liga 1 2019: Libas MU, Pelatih Persipura Ungkap Faktornya!!