Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen

Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen

Tekno, ELIPSIR MEDIA – Halo Sob! Gimana kabar lu lu pada? Kesempatan ini kita mau bahas cara mengembalikan file yang terhapus permanen.

Oh iya, pas artikel ini ditulis, kita semua lagi dilanda Pandemi Virus Corona COVID-19. Jadi kalo lu baca ini waktu masih ada pandemi, tetep semangat ya sob! Tapi kalo lu dateng dari masa depan, inilah yang kami alami dari masa lalu.

Kalo lu emang cari di Google “Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen” atau gimanalah yang mirip-mirip, bisa gua asumsikan, lu barusan aja kehilangan data penting yang lu punya.

Dan lu juga ga sengaja udah hapus itu dari Recycle Bin, mungkin setelah lu baca cara bersihin file ngebandel yang gua tulis kemaren. Lu mungkin mikir, bisa nggak sih kita ngembaliin semuanya? Jawabannya Bisa Sob!

Nanti gua jelasin kenapa file yang udah dihapus permanen sekalipun masih bisa kita kembaliin ke situasi normal. Tapi kita mulai dulu caranya, biar lu ga capek bacain tulisan gua.

Recuva (sumber: pro.co.id)
Recuva (sumber: pro.co.id)

Recuva

Sebelumnya, tengkyu banget buat pro.co.id karna udah buat gambar diatas. Keren banget, sob! Gua pinjem ya gambarnya. Udah gua kasih Credit kok dibawah!

Kembali ke laptop, aplikasi yang lu butuhin buat mengembalikan file-file lu yang terhapus permanen adalah ini, Recuva. Kaya biasa, lu bisa download Recuva di situs resminya langsung disini.

Software ini ada versi gratis, ada juga yang  versi premiumnya. Tapi kalo cuma penggunaan pribadi, gua saranin sih pake yang versi Gratisnya aja dulu.

Pokoknya lu tenang aja, Recuva yang bakalan benerin dan kembaliin file-file lu yang ngga sengaja kena hapus.

Recovery, cara mengembalikan file terhapus
Recovery (sumber: freepik.com)

Cara Gunakan Recuva

Buat lu yang males buat baca tulisan tangan, lu bisa banget nonton video yang gua sediain dibawah ini. Tapi buat lu yang mau baca, karna gua bakal jelasin sejelas-jelasnya, lu boleh banget bacain tulisan gua.

Okehlah langsung cuss aja ke tutorialnya

  1. Lu Download Recuva-nya di link yang gua taro diatas. Kalo lu mau download dari situs lain, gua ngga tanggung jawab, itu risiko yang lu pilih sendiri.
  2. Nah abis itu, buruan lu Install tuh aplikasi. Saran gua sih kalo ada pilihan buat nginstall aplikasi lain, mending lu skip atau decline aja perjanjiannya. Tapi tetep harus install Recuva-nya ini ya sob!
  3. Nah kalo udah, lu capcus aja langsung buka Recuva Wizard. Ini halaman awal banget yang dikasih Recuva supaya kita bisa mulai proses pengembalian file.
  4. Terus bakalan muncul tuh Pop-Up lain yang isinya jenis-jenis file yang lu pengen kembalikan. Lu pilih jenis file yang mau lu kembaliin. Misalnya, lu kehilangan file foto ya lu pilih Pictures. Kalo lu kehilangan file Microsoft Word lu bisa pilih yang Documents.
  5. Terus bakalan muncul pop-up baru lagi. Lu bisa pilih drive lokasi file itu. Misalnya, lu kehilangan file di Drive D:\ berarti lu pilih yang D:. Tapi kalo lu lupa taro dimana file itu, bisa banget lu pilih I’m Not Sure.
  6. Nah pas udah di klik Next ada pilihan buat Enable Deep Scan. Fungsinya supaya proses pencarian bisa lebih detail. Tapi inget, Sob! kalo lu Centang Enable Deep Scan, waktu yang dibutuhin buat ngerampungin prosesnya bakalan lebih lama.
  7. Sekarang, lu tungguin prosesnya ini selesai. Lamanya proses ini bergantung banget sama seberapa gede Partisi Hardisk lu, seberapa tua Hardisk lu, dan juga seberapa banyak file yang udah dihapus.
  8. Nah kalo udah selesai, lu bisa cari file yang lu pengen kembaliin.
  9. Kalo udah ketemu, lu centang file-filenya, trus lu klik Recover.

Viola! File-file lu yang udah kehapus itu bisa lu kembaliin lagi seperti semula! Ajaib banget ga sih? Sebenernya ga Sob! Ada kok penjelasannya!

Tapi sesuai janji gua diatas, kalo lu masi bingung sama penjelasan kurang kerjaan gua, lu bisa banget lihat tutorial videonya dibawah ini.

Video Tutorial Cara Gunakan Recuva

Recovery, cara mengembalikan file terhapus permanen
Ilustrasi Interkoneksi (sumber: freepik.com)

Gimana Cara Kerja Recuva?

Nah sesuai sama janji gua juga diawal, gua mau jelasin gimana cara kerja aplikasi File Recovery model Recuva begini.

Untuk tau jawabannya, sebenernya ga butuh banyak informasi kok. Cukup pengetahuan sederhana soal cara kerja Hardisk, tempat penyimpanan utama file-file kita di laptop atau PC.

Singkatnya, semua file-file yang ada di hardisk kita yang udah kita hapus, ngga sebenarnya dihapus dari hardisk itu.

File-file itu cuma ‘dianggap’ dihapus. Padahal sebenernya masih ada disana. Nahloh bingung, kan? Coba gua jelasin lagi pelan-pelan. Lu baca juga pelan-pelan.

Misalnya kita punya hardisk isinya 1 Tera. Terus kita pake, kita penuhin pokoknya sampe penuh. Nah terus kita hapus file WinRAR kita yang segede 5 GB. Nah bakalan muncul kan kalo Hardisk kita punya Free Space (Ruang Kosong) sebesar 5 GB.

Padahal yang sebenarnya terjadi adalah, file itu ngga hilang. File itu tetep ada disitu, cuma dianggap hilang.

Nanti pas lu masukin file lagi, misalnya yang ukuran 2 GB, file itu bakalan numpuk file yang udah dianggap hilang itu. Jadi prosesnya begitu, Sob!

Intinya, setiap file yang lu hapus tetep ada disitu, nah pas lu masukin file baru lagi, baru deh file-file itu bisa hilang karena udah ketumpuk sama file yang lain.

Lu bingung yak? Kalo bingung, coba baca-baca artikel lain, atau nonton video deh biar auto mudeng.

Ilustrasi Bilangan biner yang digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus permanen
Ilustrasi Data (sumber: freepik.com)

Kenapa Recuva Ga Bisa Balikin File Gua?

Nah ini juga kadang muncul nih, Sob! Nah kalo lu loncat dari atas, tiba-tiba kesini, Gua saranin baget buat baca sub-judul sebelumnya, soal gimana cara kerja Recuva. Karena kalo lu ga baca bagian itu, bakalan ribet lu baca penjelasan gua yang ini.

Penjelasannya kenapa kadang ada file yang gabisa dibalikin lagi adalah karena file itu udah keburu ketumpuk sama file-file baru lainnya.

Jadi semakin lama file lu udah kehapus, udah semakin gede kemungkinan buat file lain untuk numpuk file yang lu punya itu.

Jadi mungkin ada beberapa bagian dari file itu yang hilang, dan hasilnya kita gabisa buka file itu lagi karena udah crash atau kalau ga, file kita jadi ga utuh.

Nah kalo gini gimana? Maap nih kalo gua salah, tapi setau gua, udah gada cara lain yang lu bisa lakuin. File itu udah ketumpuk, dan udah ilang.

Tapi kalo lu punya ide ato saran, atao analogi baru lagi yang bisa bikin file kita balik lagi, buruan lu coret-coret kolom komentar dibawah aja sob!

Recovery, cara mengembalikan file terhapus permanen
Ilustrasi Penggunaan Data (sumber: freepik.com)

Kesimpulan

Jadi gitu, Sob cara yang bisa gua kasih. Kalo lu punya pertanyaan boleh banget taro di kolom komentar dibawah, Sob! Nanti kita diskusi bareng biar bisa saling tuker ilmu.

Oh iya, Rubrik Teknologi ini baru banget gua geluti. Jadi gua butuh banget saran dari lu lu pada. Sama menurut lu, cara gua nulis begimana? Emang sih ini jauh dari kaidah kebahasaan, tapi gua pengen biar lu baca ga setres, dan biar bisa santuy aja gitu Sob!

Gua tungguin komentar lu yak! Ciao!


Credits and Copyright Information

Some Photos are provided by
Technology photo created by freepic.diller – www.freepik.com
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Dengan Recuva, Mudah!
Money photo created by freepik – www.freepik.com
Background photo created by kjpargeter – www.freepik.com
Background photo created by natanaelginting – www.freepik.com
Business photo created by jannoon028 – www.freepik.com

Eden Pemalang

D.O.P / Travel Filmmaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *