Hard Drive (sumber: freepik.com)
Hard Drive (sumber: freepik.com)

Cara Atasi Hardisk/Penyimpanan Windows 10 Penuh

Tekno, ELIPSIR MEDIA – Kalo kalian buka halaman ini, kemungkinan besar PC atau laptop kalian lagi kepenuhan, iya kaaan? Nggak papa, sob. Emang gitu kok yang kejadian sama kita semua. Itulah kenapa kita harus tau gimana cara atasi hardisk penuh di windows.

Ya mau gimana lagi. Semua-semua sekarang serba gede, kan. Coba aja bayangin, game-game sekarang isinya udah gendut banget.

Minimal satu game yang keluaran agak baruan dikit, udah makan lebih dari 10 GB. Gausah sampe yang sekarang banget deh, game GTA V aja makan ruang 60 GB untuk setup nya doang. Belom lagi kalo udah di ekstrak, pokonya auto jadi merah semua hardisk kita.

Teknologi foto sekaligus video yang makin keren juga bikin hardisk laptop atau pc windows kita penuh dan harus banget diatasi.

Lah terus gimana? Yok tanpa banyak cingcong lagi ayok kita mulai aja sob.

Wanita menata piring agar bersih, seolah mengatasi hardisk penuh
Ilustrasi Menata Barang (sumber: freepik.com)

Organisir Penyimpanan

Kalo ditanya jawaban yang paling sederhana ya kita kudu hapus dulu semua file-file yang udah nggak penting.

Kadang kita emang suka lupa kalo nyimpen barang-barang, apalagi kalo barang-barang itu berserakan. Jadi langkah pertama yang bisa kita lakuin adalah kita organisir dulu, atau susun dulu tuh file-file kita.

Kalo kita udah susun, biasanya ketemu file-file yang kayanya udah nggak penting lagi, dan bisa mulai kita hapus.

Tapi hati-hati ya sob. Jangan sampe lu hapus file skripsi lu yang harusnya diprint, tapi malah kehapus. Bisa-bisa malah pengen hapus komputer sekalian ntar lu sob.

Nah kalo lu udah coba cara ini, bisa nggak kebanyang deh, ternyata selama ini ada banyak banget barang-barang sampah yang nempel dan tersisa di laptop atau PC kita.

Beberapa mungkin file penting juga, tapi udah kesimpen di Harddrive lain atau folder lain. Jadi pinter-pinter lu aja dah buat ngaturnya.

Make it neat and tidy.

Ilustrasi Membuang Sampah (sumber: freepik.com)
Ilustrasi Membuang Sampah (sumber: freepik.com)

Bersihkan Recycle Bin

Buat lu lu semua yang belom ngerti sistem kerja Windows. Semua file yang kita udah pencet delete atau hapus sebenernya belom sepenuhnya kehapus nih, sob.

Semua file itu kesimpen di ‘tong sampah’-nya Windows. Biasa kita kenal dengan Recycle Bin. Nah tujuannya apa sih? Ngapain ga di hapus langsung aja?

Sabar bentar sob.

Ibarat kaya kehidupan nyata, semua barang-barang kita yang menurut kita ngga kepake lagi kita taroh di tong sampah rumah. Nah nantinya sampah yang ada di tong sampah itu bakalan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) pada waktunya.

Jadi, kalo aja semisal kita ga sengaja ngebuang barang-barang berharga kita, masih ada kesempatan sebelum barang itu beneran kebuang dan susah banget buat diambil lagi.

Nah sama juga kaya Recycle Bin ini. Semua-semua file yang kita pencet hapus kesimpen sementara disini. Kalo-kalo kita ngga sengaja ngehapus file yang penting.

Coba buka Recycle Bin lu, biasanya ada di Desktop. Liat-liat lagi kalo ga ada yang bener-bener penting, dan siap dihapus. Nah caranya ngehapus file dari Recycle Bin begini.

Empty Recycle Bin
Empty Recycle Bin

Klik Kanan ‘Recycle Bin’ -> Empty Recycle Bin -> YES

Nah semua file-file lu auto ilang semua dari situ. Btw, gimana kalo ada file yang penting, tapi ga sengaja kehapus dari Recycle Bin?

Tenang sob, ada kok caranya. Kalo udah ada tulisannya, tar linknya gua taro disini. Kalo masih belom ada, ya brati belom gua tulis. Sabar aja sob, tenang. Belanda masih jauh.

Nah pas udah lu apus, langsung ketauan kan bedanya. Biasanya sih kalo udah bertaun-taun lu ga apus file di Recycle Bin, bakalan langsung kerasa.

Wanita menyapu menggambarkan cara atasi hardisk windows penuh
Ilustrasi Menggunakan Alat untuk Membersihkan (sumber: freepik)

Gunakan Aplikasi 3rd Party

Nah kalo buat kita-kita yang ilmu komputernya masih ecek-ecek, kadang masih susah nemuin file-file sampah lainnya karna gatau apa aja yang harus dihapus. Mau hapus satu folder, takut salah.

Nah daripada kita semua bimbang, mending kasih tugas ini ke aplikasi 3rd party atau pihak ketiga aja sob.

Contohnya apaan bang? Banyak kok. Yang paling gua inget sih CCleaner. Gua ga disponsori sedikitpun buat sebut aplikasi ini, tapi untuk beberapa sisi, emang lumayan banget kok kalo lu pake aplikasi ini.

Ada folder yang emang isinya temporary maksudnya file-file yang dibuka untuk mendukung aplikasi tertentu. Aduh gimana ya jelasinnya, pokoknya kita tinggal pencet satu tombol, udah deh beres semua.

Kalo lu emang mau cobain pake CCleaner, boleh banget pake yang versi Free dulu. Lu bisa download CCleaner langsung di website resminya disini.

Selain CCleaner apa lagi bang? Banyak sob, segudang pokoknya. Tinggal lu cari aja sesuai kebutuhan lu sendiri. Dan sesuaikan sama budget juga sob.

Oh iya, tutorial pakenya udah seabrek kok di YouTube. Lu cari aja sendiri. Ato lu bisa juga coba-coba sendiri pencet-pencet CCleaner. itung-itung belajar, sob.

Ilustrasi melihat checklist yang berisi file tidak penting
Ilustrasi Melihat Checklist (sumber: freepik.com)

Gunakan WinDirStat

Nah selain CCleaner, gua mau kenalin lagi satu aplikasi yang mungkin lu butuhin kalo lu udah harus mikirin cara atasi hardisk windows lu penuh kaya gini.

Emang sih, ini bukan aplikasi pembersih kaya CCleaner tadi. Tapi dengan aplikasi ini, lu jadi bisa liat file-file apa aja yang ada di hardisk lu dalam layar doang.

Lu juga bisa lihat file apa aja yang segede gaban, dan buat hardisk pc/laptop windows lu merah alias penuh banget dan kudu banget segera di atasi.

Namanya WinDirStat. Lu baru pernah denger? Gapapa sob, gua juga baru denger belakangan ini.

Singkatnya sih, aplikasi ini bakal menganalisa apa aja yang ada di dalem hardisk lu. Mulai dari file-file system sampe file dokumen lu keliatan semua. Dan kita bisa ngerti kenapa hardisk kita jadi merah.

Contohnya gua tunjukin screenshoot yang gua ambil di hardisk punya gua sob. Sorry kalo gambarnya burik di tempat lu. Soalnya gua kompres biar ga kegedean diupload disini.

Tampilan WinDirStat
Tampilan WinDirStat

Nah bisa lu liat, kan. Yang kotak biru gede itu nunjukin file yang paling gede. Ya lu dapet deh maksud gua. Jadi lu bisa liat file apa aja yang gede banget makan ruang di hardisk lu. Dan lu bisa putusin bakalan ngapus file itu, ato yaudah dibiarin aja.

Nah buat lu yang pengen download WinDirStat bisa banget langsung ke situs resminya. Buruan cekibrot klik disini.

Oh iya, software ini gratis kok. Jadi lu bisa pake sepuasnya tanpa harus bayar seperak pun. Dan aplikasi ini sebenernya buatan Microsoft loh sob. Jadi pasti aman dan efisien. Tapi tetep hati-hati kalo lu download bukan dari situs web aslinya ya sob.

Pria membersihkan permukaan, gambaran cara atasi hardisk penuh
Ilustrasi Membersihkan Permukaan (sumber: freepik.com)

Kesimpulan

Kurang lebih begitu sob beberapa cara yang lu bisa lakuin buat atasi hardisk windows lu yang tiba-tiba merah alias udah penuh. Siapa tahu kalo lu lakuin beberapa cara diatas, lu bisa dapet ruang penyimpanan yang lumayan lah.

Btw, kalo lu udah lakuin semua cara diatas, dan masih belum juga dapet jawaban, sorry banget sob. Gua bakal update terus kok halaman ini supaya lu bisa dapet informasi paling terbaru tiap kali lu buka halaman ini.

Oh iya, kalo lu punya pertanyaan, koreksi, ato saran, tulis aja di kolom komentar dibawah. Pasti gua baca satu-satu.

Okehlah, tengkyu banget sob. Sampe ketemu lagi, Ciao.


Credit and Copyright Information

Technology photo created by freepic.diller – www.freepik.com
Food photo created by freepik – www.freepik.com
Food photo created by freepik – www.freepik.com
Woman photo created by pressfoto – www.freepik.com
People photo created by freepik – www.freepik.com
Man photo created by freepik – www.freepik.com

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hail, Caesar!

Trailer Film Hail, Caesar! Big Movies GTV Malam Ini!

TransTV (sumber: pikiran-rakyat.com)

Jadwal Trans TV Hari Ini Selasa, 15 September 2020