BJ Habibie (sumber: detik.com)

BJ Habibie Tutup Usia, Ini Dia Penyebabnya!

BJ Habibie telah tutup usia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) pada Rabu (11/9/2019) kemarin. Beliau menghembuskan nafas terakhir pada pukul 18.05 WIB di usianya yang ke-83. Mendengar hal ini seluruh rakyat Indonesia menyampaikan bela sungkawanya, tak terkecuali melalui media sosial. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga menghampiri RSPAD untuk melayat kepada Almarhum BJ Habibie.

Putri Ketiga BJ Habibie, Thareq Kemal mengonfirmasi terkait kabar meninggalnya sang ayahanda.

“Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.03 WIB,” ujar Thareq Kemal Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) dilansir dari Tribunnews.com.

Thareq mengatakan penyebab meninggalnya sang Ayah adalah usia tua. Hal itu menyebabkan beberapa organ dalam tubuh BJ Habibie mengalami degenerasi. Salah satu korban dari degenerasi ini adalah Jantung.

“Organ-organ melemah menjadi tidak kuat lagi. Pukul 18.05 jantungnya dengan sendiri menyerah sampai titik akhir. Saya ada di situ,” lanjut Thareq seperti dilansir dari Detik.com

Jantung adalah organ tubuh yang bertugas untuk memompa darah keseluruh tubuh. Darah membawa oksigen dan nutrisi yang berguna untuk kelangsungan hidup organ tersebut, dan menjaga organ tersebut tetap sehat.

Ilustrasi Jantung Berhenti (sumber: alodokter.com)

Dengan berhentinya jantung, itu berarti organ-organ dalam tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi sehingga organ tersebut tidak dapat bekerja. Hal ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada organ tersebut atau yang paling parah adalah kematian.

Hal yang paling vital dalam hal ini adalah otak. Bahkan dalam waktu yang sangat sebentar saja jantung berhenti, hal itu akan menyebabkan suplai darah ke otak juga berhenti. Tanpa suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah ke otak, otak dapat mengalami kerusakan. Hal ini akan berbahaya bagi nyawa seseorang.

Kebocoran Klep Jantung

Sebelumnya, BJ Habibie sempat mengalami kebocoran klep di jantungnya. Singkatnya, kebocoran klep menyebabkan aliran darah tidak sesuai dengan arah yang seharusnya. Klep jantung memiliki tugas seperti gerbang satu arah. Hal ini akan menjaga darah yang mengalir ke jantung, dan dari jantung ke seluruh tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

BJ Habibie akan dimakamkan hari ini, Kamis (12/9/2019) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 14.00 WIB. Dalam upacara pemakaman, Presiden Joko Widodo akan hadir sebagai Inspektur Upacara. Sebelumnya, sekitar pada pukul 12.30 akan diadakan prosesi penyerahan jenazah dari keluarga kepada Negara.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ini Dia 20 Pelatih Indonesia yang telah mengkantongi lisensi AFC Pro

Danur 3 Sunyaruri

Jadwal Tayang Danur 3 Mundur, Ini Penyebabnya!