Belajar Teknologi Nano: Hydrophobic Coating, Semprotan Anti Air Penolong Sepatu Saat Musim Hujan

Teknologi Nano atau Nanotechnology memang sangat luar biasa untuk dipelajari dan dibahas. Banyak hal yang berada diluar jangkauan imajinasi manusia dan nampak mustahil ternyata bisa dilakukan dengan bantuan teknologi yang satu ini.

Salah satu produk yang dihasilkan dari Teknologi Nano adalah Hydrophobic coating yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebih berarti Lapisan Hidrofobik. Untuk tahu lebih dalam tentang benda yang satu ini, mari kita bahas dari awal sampai nanti bisa dipahami dengan betul-betul paham.

Definisi

Kata “Hidrofobik” jika dicari definisinya di Wikipedia.org berarti “molekul yang mempunyai sifat fisik yang tampaknya ditolak oleh massa air. Molekul hidrofobik biasanya digunakan untuk pengangkatan minyak dan air, pengelolaan tumpahan minyak, dan proses pemisahan kimia untuk menghilangkan zat non-polar dari senyawa polar. “

Dan kata “Lapisan” disini memaksudkan ada benda lain yang nantinya melapisi benda yang akan dikenai Lapisan Hidrofobik ini. Lapisan ini bisa dibilang sangat tipis. Hal itu dimungkinkan karena Hydrophobic coating menggunakan teknologi nano yang ukurannya sangat kecil sekali. Jika ada yang belum mengetahui tentang Teknologi nano bisa baca penjelasannya disini.

Hydrophobic coating menghasilkan sesuatu yang disebut Hydrophonic Effect yang sangat unik dan bisa juga memanjakan mata.

Eden Pemalang

D.O.P / Travel Filmmaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *