BuckyPaper (sumber: nanografi.com)

Belajar Teknologi Nano: BuckyPaper, Kertas Ajaib Pewujud Teknologi Sangar

Kembali lagi ke segmen Belajar Teknologi Nano. Kita telah membahas banyak tentang Teknologi Nano atau juga dipanggil Nanotechnology akhir-akhir ini. Mulai dari yang masih masuk akal sampai yang nampaknya tidak mungkin untuk terjadi. Dan kali ini kita juga akan membahas tentang Teknologi Nano kembali.

Bagi yang belum ngerti apa itu Teknologi Nano, singkatnya Teknologi Nano adalah rekayasa yang dibuat manusia untuk membuat alat-alat pembantu manusia untuk menyelesaikan tugas-tugas rumah atau pekerjaan. Teknologi Nano juga membantu dalam hal pelestarian alam, pemanfaatkan sumber energi, dan penyempurnaan teknologi yang telah ada.

Pada postingan sebelumnya kita juga telah membahas bahwa material yang berukuran nano berarti berukuran 10-9 dari ukuran asli. Misal dalam dalam satuan meter, 1 nano meter berarti 1 x 10-9 meter atau 1/1.000.000.000 (satu per satu miliar) meter. Ukuran satu nano meter sama dengan sehelai rambut manusia yang dibelah sama besar sebanyak 10.000 kali. Tentu ini adalah angka yang sangat fantastis.

Di postingan kali ini kita ingin membahas tentang salah satu Teknologi Nano yang membantu pekerjaan kita. Salah satu pengaplikasian Teknologi Nano itu adalah BuckyPaper. Sampai saat ini mungkin istilah ini belum ada terjemahannya ke bahasa Indonesia. Kita sebut saja BukcyPaper untuk salah satu terapan Teknologi Nano ini.

 

Apa itu BuckyPaper

BuckyPaper memang sekilas nampak seperti kertas biasa pada umumnya. Atau mungkin lebih tepatnya mirip seperti kertas karbon yang biasa kita gunakan untuk menulis di nota pembayaran atau nota pembelian.

Tetapi sebenarnya kertas ajaib ini lebih dari sekedar kertas biasa. Padahal BuckyPaper memiliki kekuatan yang jauh lebih kuat daripada besi bahkan sampai 500 kali. Pada waktu BuckyPaper diberi tekanan dan terkompresi, kekuatannya akan jauh melebihi besi terkuat sekalipun.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Evaluasi Simon McMenemy, Refrizal: Semoga ada keajaiban!!

Resmi!! Persija Jakarta akhirnya mendatangkan pelatih baru