Wiranto dan Jokowi Blusukan
Jimly Asshiddiqie (sumber: detik.com)

Belajar dari Kasus Wiranto, Keselamatan Jokowi Dikhawatirkan saat ‘Blusukan’

Kejadian Menko Polhukam Wiranto yang ditusuk pada saat melakukan kunjungan untuk meresmikan Gedung Bersama di Padeglang, Banten kemarin menjadi sebuah indikator baru untuk apa yang dilakukan pejabat berikutnya terutama saat harus turun ke jalan dan berhubungan langsung dengan masyarakat. Tak terkecuali Presiden Jokowi yang sering ‘Blusukan’ perlu belajar dari peristiwa penusukan Wiranto kemarin.

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Jimly Asshiddiqie menyebutkan bahwa saat ini Menko Polhukam Wiranto pada kondisi yang baik dan dalam proses pemulihan.

“Tinggal penyembuhan, iya sudah dalam ruang perawatan jadi tinggal penyembuhan. Operasinya sukses. Kita doakan mudah-mudahan kembali pulih,” ujar Jimly usai menjenguk Wiranto, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019) dilansir dari detik.com.

Jimly juga pada saat ditemui menyayangkan peristiwa yang dialami oleh Wiranto ini. Menurut Jimly kasus penyerangan atau penusukan seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Karena hal ini, Jimly merasa khawatir dengan kondisi Presiden Jokowi apabila beliau sedang melakukan kunjungan kerja atau ‘blusukan’ ke suatu daerah karena kasus Wiranto ini.

“Kita sedih aja ada warga negara menusuk menteri. Ini baru kejadian pertama, belum pernah terjadi selama ini. Ini jadi pelajaran mudah-mudahan,” ucap Jimly.

“Saya khawatir ini presiden ini, jangan sampai blusukan nanti dalam suasana begini. Kita mesti hati-hati,” lanjutnya.

Wiranto dan Jokowi Blusukan
Joko Widodo Blusukan (sumber: okezone.com)

Pencegahan dan Penanganan

Menurut Jimly ada dua sisi yang harus diperkuat. Di satu sisi pengamanan pejabat negara yang sedang melakukan turun ke lapangan perlu diperbaiki lagi. Dan disaat yang bersamaan himbauan kepada masyarakat untuk tidak bertindak anarkis terutama pada saat perbedaan pendapat terjadi perlu dilakukan.

Hal ini tentunya dapat menjadi tindakan preventif terhadap kejadian anarkis seperti yang menimpa Menko Polhukam, Wiranto Kamis (10/10/2019) kemarin.

“Pengamanan harus diperketat. Tapi yang jauh lebih utama gimana kita mengimbau masyarakat apapun perbedaan pendapat tidak boleh melakukan tindak kekerasan atas alasan apapun. Ini kan tindakan biadab, jangan sampai ditiru yang lain,” tuturnya.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa Menko Polhukam Wiranto mendapatkan dua luka tusukan di bagian perut tubuhnya. Hal itu terjadi sekitar pukul 11.50 WIB di Padeglang Banten Kamis (10/10/2019) siang kemarin.

Pelaku diidentifikasi sebagai SA alias Abu Rara yang saat ini masih didalami lebih lanjut oleh pihak kepolisian setempat. Pelaku menusuk Wiranto menggunakan pisau kunai sebelum akhirnya dipisah dan ditahan oleh pihak kepolisian

Mengenai kondisi Menko Polhukam Wiranto saat ini, dirinya telah selesai mengikuti operasi kecil dibagian tubuhnya yang terkena pisau itu. Wiranto masih mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
indonesia vs uea

Meme Kocak Usai Indonesia Dibantai UEA 5-0

Belgia vs San Marino

Menang Telak 9-0, Belgia Amankan Tempat di Euro 2020