Bagaiman Kalau Terinfeksi Corona?
Postingan di Akun Instagram dr Putu Ayuwidia Ekaputri (sumber: Instagram/diadiawidia)

Bagaimana Kalau Ternyata Selama Ini Kamu Positif COVID-19?! Eits, Jangan Panik, Baca!!

ElipsHealth, ELIPSIR MEDIA – Pandemi Virus Corona kayanya emang udah jadi makanan sehari-hari kita nih belakangan ini. Dan berita soal ‘ini virus’ emang udah meleber kemana-mana.

Hasilnya, kadang bukan rasa tenang dan aman, kita justru malahan jadi panik gegara Virus yang satu ini.

Tapi seandainya nih kita kena Virus Corona, emang apa sih yang bakalan terjadi? Perlu nggak sih kita takut sama efeknya? Dan perlu nggak sih ke RS buat periksa?

Well, baca tulisan ini sampe abis ya. Soalnya kita mau bahas ini bener-bener tuntas soal perlu nggak kita takut.

Nggak perlu Panik

Satu hal yang digaris-bawahi dengan sangat tebal adalah, kita nggak perlu panik. Dikutip tim Elipsir Media dari Alodokter, Serangan Panik (atau biasa juga disebut Panic Attack) justru bisa buat kita makin parah.

Bukan tambah seneng dan teratasi, justru panik yang begini malah buat kita ngerasa depresi, keinginan untuk bunuh diri, sampe bisa terjerumus ke masalah-masalah yang berat.

Nggak mau, kan? Makanya jangan panik.

Lah terus ngapain?

Tetep Waspada

Daripada panik, sebenernya lebih bijaksana kalau kita lebih waspada sama Pandemi yang satu ini. Banyak berita di media apapun yang menunjukkan ganasnya Virus COVID-19 ini.

Emang bener sih, tapi kita tetep harus seimbang dan melihat virus ini sebagai lawan yang mudah dihadapi, bukan malah jadi takut.

Maka ada nih beberapa orang yang memilih untuk mengurangi waktu mereka buat nonton tayangan-tayangan begitu, supaya mereka sendiri nggak kena panik tadi.

Ilustrasi Menjaga Hidup Sehat (sumber: Kanal Aceh)

Gimana Kalau Kena

Nah apes-apesnya nih ternyata kita salah satu dari Orang Dalam Pengawasan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP), atau malah kita dinyatakan Positif. Kita harus ngapain emang?

Ada satu postingan yang dibuat dokter asal Indonesia, dr Putu Ayuwidia Ekaputri di postingan Instagram @diadiawidia miliknya.

Dalam postingan yang dibuat sama Bu Dokter tiga hari lalu, berati Minggu (22/3/2020) kemarin, dijelaskan secara detail tuh gimana kalau kita kena COVID-19.

Nah, tim Elipsir Media bener-bener shout-out banget sama Bu Dokter karena udah mau kasih pengetahuan ini ke kita semua. Yuk kita bahas juga apa yang Bu Dokter kasih.

Ada Tiga Kemungkinan

Intinya sekali kita dinyatakan kena Virus Corona COVID-19, akan ada tiga kemungkinan yang terjadi atas kita.

Kemungkinan yang pertama adalah kita jadi tetep sehat, yang kedua kita jadi sakit, tapi tetep ringan, dan yang ketiga adalah kita jadi sakit berat.

Tubuh Tetep Sehat

Nah untuk kemungkinan yang pertama, bisa jadi kita kita nggak ada gejala. Tubuh kita sehat-sehat aja, dan kaya nggak ada perubahan.

Kalau ini yang terjadi, artinya tubuh kita mampu dan sanggup banget buat ngelawan tuh Virus dalam diri kita.

Tapi, justru ini yang malah bahaya, dan buat kita was-was sama orang-orang di sekitar kita.

Kalau kita sehat, sering kali kita nggak sadar kalo kita kena Virus Corona. Dan akhirnya kita bisa jadi Carrier atau pembawa dari virus itu sendiri, tanpa kita sadari.

Nantinya, virus ini justru akan ditularkan kepada orang lain. Itulah kenapa kita jadi disuruh tetep di rumah untuk beberapa waktu ini oleh pemerintah.

Supaya virus-virus itu pada koid di tubuh kita dulu. Karena masa hidup virus itu ada 2-14 hari. Makanya buat kalian, tetep dirumah.

Kita nggak tau kan kalau ternyata sebenarnya kita punya Virus Corona, tapi karena aman-aman aja, jadi kita nggak kerasa.

Terus kita harus gimana? Singkatnya sih nggak ada yang bisa kamu lakuin kalo gini. Tetep dirumah aja, jaga kesehatan supaya antibodi punya cukup bahan bakar dalam melawan virus ini.

Percaya deh, tubuh kita itu kuat, nggak kaya perasaan kamu yang gampang ambyar. Tubuh punya sistem sendiri yang bisa bikin virus-virus budukan itu pada Koid. Makanya tetep jaga kesehatan.

Olahraga pagi untuk menjaga kesehatan
Ilustrasi Menjaga Hidup Sehat (sumber: harnas.co)

Sakit, Tapi Nggak Parah

Nah kalo di posisi ini, kita biasanya sih udah tau kalau kita terindikasi Virus Corona. Biasanya mereka-mereka dikasih nama ODP sama PDP.

Banyak kok yang gini, tapi mereka tetep dirumah. Nah loh? Kok gitu?

Ya emang, artinya antibodi dalam tubuh kita masih tetep bisa melawan virus itu, tapi emang nggak sempurna. Entah karena satu atau lain hal, mereka masih agak kewalahan dalam melawan Virus Corona.

Nah kalau kalian ada di posisi ini, plis tetep aja dirumah. Percaya kalo Antibodi mu akan setia sama kamu dan dia bakal berjuang mati-matian buat ngusir si COVID-19.

Jadi, kita nggak perlu panik. Tetap dirumah, telepon RS untuk minta arahan. Terus kasih bahan bakar yang cukup untuk antibodi, yaitu makanan bergizi dan vitamin.

Istirahat yang cukup juga bisa bantu tubuh buat ngelawan Virus itu.

Pakai masker saat ketemu orang, karena jangan sampai orang lain juga kena virus yang sama.

Dan tidak perlu ke rumah sakit, karena di perjalanan bisa aja kita justru menularkan virus ini ke orang lain, secara tidak sengaja.

Ditambah lagi, di RS sudah ramai orang, disana juga nggak semuanya sakit, ada pula yang orang sehat, nanti kalau mereka tertular juga gimana?

RS juga terbatas tenaganya. Daripada kamu disana jadi tambah nyusahin orang, lebih baik Self-Quarantine aja dirumah, sambil percaya penuh sama antibodi kamu.

Sesekali minum Paracetamol buat nurunin panas juga bagus. Dan dr. Widia udah kasih saran yang penting nih, buat jangan coba obat lain tanpa rekomendasi dokter.

Kita nggak ngerti tubuh kita bisa nggak buat nerima obat itu, jadi daripada salah makan, ntar malah bahaya.

Biarkan para ahli kesehatan aja yang kasih saran buat kita. Kita tinggal nurut aja. Mereka sekolah taun-taunan buat nolongin kita, nah kita yang cuma kata rumput yang bergoyang, jangan ngelawan mereka.

Sakit Parah

Nah kalau mereka yang tergolong dalam kelompok ketiga ini memang butuh penanganan khusus dari tenaga medis dan kedokteran.

Kalau kalian atau orang terdekat kalian merasakan hal ini, langsung hubungi 119 ext. 9.

Segera periksakan diri ke Rumah Sakit Rujukan COVID-19 yang udah tersebar di seluruh tanah air. Tenaga medis pasti bakalan kasih yang terbaik supaya tetep sehat.

Pemakaian masker dan penerapan etika yang baik saat batuk dan bersin juga harus dilakukan supaya Virus ini nggak menyebar kemana-mana.

Nah karena yang bisa dilakukan tim Kedokteran hanya membantu, maka yang menyelamatkan sebenarnya bukan tim kedokteran itu, tapi antibodi dalam tubuh kita.

Jadi kuncinya tetep makan makanan sehat dan vitamin supaya antibodi bisa dengan gampang bunuh virus itu.

Olahraga untuk menjaga hidup sehat
Ilustrasi Menjaga Hidup Sehat (sumber: Merdeka)

Kesimpulan

Sebenarnya virus ini bukan virus yang harus ditakuti sih. Dari penjelasan yang udah kita sama-sama baca dari awal, virus ini bisa mati dengan sendirinya.

Jadi kita nggak perlu takut berlebihan. Inget, jangan sampe panik. Waspada aja udah cukup. Malah kalo sampe panik, itu yang jadi masalahnya.

Virus bisa mati dengan sendirinya ketika kita punya antibodi yang kuat. Jadi pastikan tubuh kalian sedang dalam posisi yang sehat saat ini.

Makan makanan yang bergizi cukup. Vitamin kalau perlu, dibarengi sama olahraga dan istirahat yang cukup juga.

Percaya deh, nantinya tubuh kalian sendiri yang bakalan bunuh virus-virus itu.

Jadi jangan takut ya. Tetep sehat, tetep kuat. Yakin kalau virus ini bisa dengan mudah kita lewati bareng-bareng.

Tinggalkan Balasan

5 Penemuan Hebat Yang Disembunyikan Dari Publik Hingga Saat Ini!!

5 Penemuan Hebat Yang Disembunyikan Dari Publik Hingga Saat Ini!!

Tegal Resmi Terapkan Local Lockdown! Penjuru Kota Jadi Gelap!